Tinggalkan Tambang Emas Raksasa Dunia, Pasukan Elang Borneo TNI Diperiksa PM di Tjilik Riwut

VIVA Militer: PM periksa pasukan Satgas Yonif 631 Antang.
Sumber :
  • Korem 102 Panju Panjung

VIVA – Tak terasa sembilan bulan sudah prajurit-prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 631/Antang, Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura melaksanakan tugas dalam Satuan Tugas Pengamanan Objek Vital Nasional (Satgas Pam Obvitnas) PT Freeport Indonesia di Papua.

Kolonel Bayu Telah Resmi Lantik Raja Aibon Jadi Kesatria Tanah Wali, Dandim Purwakarta

Kini tibalah Pasukan Elang Borneo kembali ke markas mereka di Kota Cantik, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Komando Resor Militer (Korem) 102/Panju Panjung dilansir VIVA Militer, Kamis 14 Desember 2023, Pasukan Yonif 631/Antang sudah bergerak dari belantara Papua untuk kembali ke Kalimantan sejak beberapa hari lalu.

Israel Bombardir Rafah, Puluhan Warga Gaza Tewas

VIVA Militer: Pasukan Satgas Yonif 631 Antang di Bandara Tjilik Riwut.

Photo :
  • Korem 102 Panju Panjung

Dan gelombang pertama sudah tiba sejak kemarin sore di Palangkaraya melalui Bandar Udara Tjilik Riwut. Para kesatria Antang tiba di Kalteng dengan menumpangi pesawat komersil Trans Nusa Airbus A320-214 (TNU 9733).

TNI AL Kembali Diperkuat 2 Kapal Perang PC 40 Terbaru Buatan Dalam Negeri

Kedatangan Pasukan Elang Antang disambut langsung sama Kepala Seksi Operasi Kepala Korem 102/PJG, Letnan Kolonel Inf Muhamad Ishak H Burhanudin yang mewakili Komandan Korem 102/Pjg, Brigadir Jenderal TNI Bayu Permana.

Gelombang pertama yang diterbangkan dari Bandara Moses Kilangan, Timika mengangkut 110 prajurit yang dipimpin Wakil Komandan Satgas Yonif 631/Antang, Mayor Inf Prasenta Imanuel Bangun.

VIVA Militer: PM periksa pasukan Satgas Yonif 631 Antang.

Photo :
  • Korem 102 Panju Panjung

Setiba di Bandara Tjilik Riwut, semua prajurit tak langsung bergerak menuju markas. Tapi menjalani proses pemeriksaan. Yang pertama, mereka diperiksa pasukan baret biru TNI Angkatan Darat dari Detasemen Polisi Militer Denpom XII/Palangkaraya.

PM memeriksa semua barang yang dibawa prajurit, agar tidak ada barang terlarang yang mereka bawa dari daerah operasi. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan administrasi dan yang terakhir pemeriksaan kesehatan. Setelah itu barulah pasukan diangkut dengan kendaraan dinas militer ke markas mereka tercinta.

VIVA Militer: Pasukan Satgas Yonif 631 Antang di Bandara Tjilik Riwut.

Photo :
  • Korem 102 Panju Panjung

Untuk diketahui, Yonif 631/Antang mulai diterbangkan ke Timika sejak April 2023, mereka bergerak dengan dipimpin Letkol Inf Dwi Harry Wibowo. Pasukan tempur Kodam Tanjungpura ini bertugas mengamankan tambang emas besar dunia itu untuk menggantikan pasukan infanteri Kodam Diponegoro dari Yonif 405/Surya Kusuma.

Selanjutnya, tugas pengamanan objek vital nasional itu akan diemban pasukan tempur milik Kodam Iskandar Muda, yaitu Yonif 116/Garda Samudra. Sebanyak 555 pasukan telah diterbangkan dari Aceh ke Timika.

Baca: Baru 14 Hari Jadi KSAD, Jenderal TNI Maruli Terjun ke Kali Hitam Bekas Sarang Buaya Liar Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya