Prajurit Pilihan Taifib Marinir dan Pasukan Katak Ikuti Kursus Penanggulangan Teror Aspek Laut

VIVA Militer: Dankormar Mayjen TNI Endi Supardi buka kursus PTAL 2023
Sumber :
  • Dispen Kormar

Jakarta – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi hari ini secara resmi membuka kursus Penanggulangan Teror Aspek Laut (PTAL) Angkatan XVII Tahun 2023.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Kursus Penanggulangan Teror Aspek Laut yang diikuti oleh prajurit pilihan yang berasal dari satuan Intai Amfibi (Taifib) Marinir dan Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL itu digelar di Kesatrian Arthur Solangs, Markas Komando (Mako) Detasemen Jala Mangkara (Denjaka), Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Desember 2023.

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi mengatakan, kegiatan kursus ini bertujuan untuk melengkapi pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh prajurit Intai Amfibi Marinir dan Pasukan Katak sehingga dapat mencapai standar kualifikasi perorangan dasar untuk menjadi personil Detasemen Jala Mangkara (Denjaka).

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Dengan demikian, lanjut Dankormar, peserta kursus Penanggulangan Teror Aspek Laut pun tidak diikuti oleh sembarang prajurit. Peserta atau siswa PTAL adalah prajurit yang terpilih dari satuan khusus TNI AL yaitu Prajurit Intai Amfibi Marinir dan Pasukan Katak yang sebelumnya sudah diseleksi dengan ketat sehingga mencapai standar kualifikasi sebagai pasukan Anti Teror Aspek Laut.

Dalam kesempatan tersebut, jenderal bintang dua Marinir TNI AL itu juga menekankan kepada seluruh siswa yang saat ini mendapatkan kesempatan berharga untuk mengikuti kursus PTAL agar senantiasa memegang teguh disiplin dan tingkatan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalankan tugas sehari-hari sebagai prajurit TNI AL. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

VIVA Militer: Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi buka kursus PTAL 2023

Photo :
  • Dispen Kormar

Dankormar juga berpesan kepada seluruh siswa agar dapat melaksanakan segala kegiatan kursus PTAL dengan penuh rasa tanggung jawab, serta mengaplikasikan teori, teknik, dan taktik secara benar. 

"Mantapkan kemampuan individu dan satuan dengan semangat yang tinggi, dan yang terakhir pegang teguh prosedur keamanan personel maupun keamanan material," kata Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi di hadapan prajurit pilihan Korps Marinir TNI AL.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispen Kormar, kursus Penanggulangan Teror Aspek Laut 2023 kali ini diikuti oleh 1 SST (Satuan Setingkat Peleton) pasukan upacara dari Denjaka, Pelatih PTAL, Siswa PTAL, Kopaska, Taifib 1 Marinir, Korps Musik dan 1 SST dari Brigif 1 Marinir. 

Pembukaan Kursus Penanggulangan Teror Aspek Laut ini ditandai dengan pelepasan tanda pangkat dan pemasangan tanda siswa PTAL oleh Dankormar kepada salah satu perwakilan peserta kursus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya