Marsma TNI Yudi Bustami Resmi Pegang Tongkat Komando Pasukan Elite TNI AU Kopasgat, Ini Profilnya

VIVA Militer: KSAU pimpin sertijab Komandan Kopasgat
Sumber :
  • Pen. Kopasgat

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Komando Pasukan Gerak Cepat (Dankopasgat) dari Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko kepada Marsma TNI Yudi Bustami di Auditorium IG. Dewanto, Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Kopasgat, Kamis, 21 Desember 2023, dalam sambutannya, KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Marsda TNI Wahyu atas dedikasi serta pengabdiannya kepada Korps Baret Ungu Kopasgat TNI AU.

"Dan kepada Komandan Kopasgat baru Marsma TNI Yudi Bustami agar segera menyesuaikan dengan lingkungan tugas yang baru," kata KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Untuk diketahui, Sertijab ini dilaksanakan berdasarkan Keputusan  Panglima TNI Nomor: Kep/1384/XI/2023 tanggal 17 November 2023 tentang pemberhentian dari/dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Upacara sertijab diawali Pembacaan Surat Keputusan Panglima TNI dan Surat Keputusan PIA Ardhya Garini, yang dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan, penyerahan Pataka dari Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko kepada Marsma TNI Yudi Bustami, serta  penyematan tanda jabatan, dan penandatanganan Pakta Integritas serta berita acara serah terima jabatan.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Selain itu, di waktu yang sama Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo juga memimpin sertijab Ketua PIA Ardhya Gabungan Kopasgat dari Ny.Neneng Wahyu Hidayat kepada Ny. Retno Yudi Bustami.

Ini Profil Dankopasgat Yudi Bustami

Marsekal Pertama (Marsma) TNI Yudi Bustami adalah salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI AU lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1989. Marsma TNI Yudi tercatat sebagai salah satu pasukan elite TNI AU yang memiliki keahlian atau kemahiran dalam bidang anti-teror karena dia dibesarkan oleh satuan Detasemen Bravo 90 Kopasgat.

Dalam catatan yang diperoleh VIVA Militer, Yudi Bustami pernah menduduki sejumlah jabatan penting di lingkungan TNI, diantaranya adalah Komandan Denbravo 90, Komandan Batalyon Komando (Yonko) 464 Kopasgat, Komandan Wing 3 Paskhas, Komandan Wing 1 Paskhas.

Selain itu, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat itu juga pernah menjabat sebagai Wadan Korpaskhas pada tahun 2016, Staf Khusus Kasau, Pa Sahli Kasau Bid. Sumdanas, Pa Sahli Tk.II Siber Sahli Bid. Intekmil dan Siber Panglima TNI pada tahun 2019, dan terakhir sebelum dilantik menjadi Dankopasgat, Yudi Bustami menjabat Kepala Staf Komando Garnisun Tetap II/Bandung.

Dan perlu diketahui pula, bahwa dengan dilantiknya Yudi sebagai Dankopasgat, dalam waktu dekat ini dia akan mendapatkan kenaikan pangkat dengan menyandang sebagai jenderal bintang dua emas TNI AU atau Marsekal Muda (Marsda) TNI AU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya