Wahyu, Penderita Penyakit Langka dari Tanah Papua Dievakuasi Dengan Pesawat Hercules TNI AU

VIVA Militer: Prajurit TNI AU berhasil evakuasi warga dari Wamena ke Malang
Sumber :
  • Puspen TNI

Jakarta – Wahyu Wijayadi, seorang warga Distrik Wamena, Papua Pegunungan yang menderita penyakit langka berhasil dievakuasi oleh prajurit TNI Angkatan Udara. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Para prajurit TNI AU berhasil mengevakuasi Wahyu yang mengalami penyakit kulit langka dengan sekujur tubuhnya melepuh itu dari RS Wamena ke RSUD Biak Numfor, yang kemudian kembali dirujuk ke RSUD Malang, Jawa Timur dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 dengan nomor registrasi A-1323 milik Skadron Udara Lanud Abdul Rahman Saleh, Malang.

Kapuspen TNI Mayjen TNI R. Nugraha Gumilar mengatakan, pesawat Hercules C-130 milik Skadron Udara 32 Lanud Abdul Rahman Saleh, Malang yang dipiloti oleh Mayor Pnb Ebor berhasil mengevakuasi Wahyu Wijayadi (31 tahun) dari RSUD Biak Numfor untuk mendapatkan perawatan intensif atas penyakit yang dialaminya ke RSUD Saiful Anwar, Malang pada hari Jum'at, 12 Januari 2024 lalu.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

"Prajurit TNI AU dari Lanud Manuhua dan tim medis pelabuhan sangat sigap mengevakuasi pasien menuju RSUD Biak Numfor dan dilanjut ke RSUD Saiful Anwar Malang guna mendapatkan penanganan lebih lanjut," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI R. Nugraha Gumilar dilansir VIVA Militer dari keterangan resminya, Senin, 15 Januari 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Manuhua Letkol Nav Marino Adam disela-sela proses evakuasi menyampaikan, bahwa ini merupakan salah satu wujud darma bakti personel TNI Angkatan Udara kepada warga masyarakat, sekaligus implementasi dari motto Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto yaitu TNI Prima (Profesional, Responsif, Integratif dan Adaptif) hal tersebut sebagai bentuk kepedulian dan respon Prajurit TNI terhadap kesulitan masyarakat.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Mengingat Kondisi alam di wilayah Wamena Papua Pegunungan merupakan daerah sulit dan terpencil ditambah cuaca hujan dan tidak menentu, Panglima TNI berpesan kepada seluruh personel yang bertugas agar tetap menjalankan tugas dengan memperhatikan kondisi masyarakat sekitar serta unsur keselamatan prajurit.

"Seluruh personel TNI harus senantiasa peduli terhadap masyarakat sekitar, dan harus menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan masyarakat," ujarnya. 

VIVA Militer: Prosesi pemakaman militer Prada Diansyah Putra

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Prajurit itu tersambar petir di Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024