Dari Hutan Malinau, Pasukan Raja Pandita TNI Disiapkan Bergerak Tembus Belantara Papua Selatan

VIVA Militer: Pasukan Raja Pandita di Hutan Malinau
Sumber :
  • Kodam Mulawarman

VIVA – TNI Angkatan Darat rupanya telah menyiapkan satu batalyon tempur dari Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman untuk dikerahkan menembus belantara Papua.

'Bravo Zulu' Kapal Selam TNI AL KRI Alugoro-405 Tembakkan Torpedo Black Shark di Selat Bali

Pasukan yang disiapkan itu adalah prajurit-prajurit TNI dari Batalyon Infanteri 614/Raja Pandita. Pasukan yang bermarkas Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara rencanaya akan menusuk masuk ke wilayah Papua Selatan.

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Kodam Mulawarman dilansir VIVA Militer, Jumat 26 Januari 2024, sebelum bergerak masuk Papua. Pasukan Raja Pandita TNI mengikuti Program Latihan Persiapan Operasi Papua yang diselenggarakan Brigade Infanteri 24/Bulungan Cakti pimpinan Kolonel Inf Teguh Wiratama.

Menteri Pertahanan Israel Desak Netanyahu Terima Tawaran Damai Hamas

VIVA Militer: Pasukan Raja Pandita di Hutan Malinau

Photo :
  • Kodam Mulawarman

Pasukan Raja Pandita  digojlok latihan selama 21 hari terhitung 3 sampai 23 Januari 20024 di kawasan hutan Desa Salap, Kecamatan Malinau Utara yang dipimpin Komandan Latihan, Kolonel Inf Raden Uca Musa Haris.

BIN Komitmen Perkuat Pertahanan dan Keamanan IKN

Wilayah hutan Desa Salap dijadikan daerah latihan bagi Pasukan Raja Pandita karena dinilai memiliki kondisi alam dan medan yang menyerupai Bumi Cenderawasih.

VIVA Militer: Pasukan Raja Pandita di Hutan Malinau

Photo :
  • Kodam Mulawarman

"Selaku Komandan Latihan, saya merasakan aura semangat dan loyalitas prajurit-prajurit Raja Pandita, dengan medan latihan yang cukup berat dan cuaca hampir tiap hari hujan, mereka tetap berupaya menyelesaikan setiap materi latihan yang diberikan," kata Kolonel Inf Raden Uca Musa Haris,

Dalam melaksanakan operasi di Papua nanti, Yonif 614/Raja Pandita akan membawa 450 prajurit dengan Komandan Satgas, Mayor Inf Ardiansyah. Di Papua Pasukan Raja Pandita akan bertugas di Kabupaten Asmat, Kabupaten Mappi dan Kabupaten Merauke.

Baca: Strategi Darah Undius Kogoya Gagal, 5 Pentolan OPM Jadi Mayat Dilibas Kostrad dan Kopassus TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya