Pangkoarmada RI Lantik Laksda TNI Yoos Suryono Jadi Panglima Koarmada I

VIVA Militer: Pangkoarmada RI Lantik Laksda TNI Yoos Suryono jadi Pangkoarmada I
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Panglima Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya (Laksdya) TNI Denih Hendrata hari ini secara resmi melantik Laksda TNI Yoos Suryono menjadi Panglima Komando Armada (Pangkoarmada I) menggantikan Laksda TNI Achmad Wibisiono.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Upacara Serah terima jabatan (Sertijab) yang digelar di Dermaga Sunda Komplek Satuan Pondok Dayung, Jakarta Utara itu diikuti oleh unsur satuan prajurit TNI Angkatan Laut serta sejumlah armada kapal perang TNI AL yang berada dibawah jajaran Koarmada I.

Untuk diketahui, Sertijab Panglima Komando Armada I itu diawali dengan rangkaian, Pangkoarmada I Laksda TNI Achmad Wibisiono melakukan Admiral Inspection atau menginspeksi pasukan Jalasena dan alutsista jajaran Koarmada I yang sedang sandar di Dermaga Pondok Dayung, Jakarta Utara.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Setelah melaksanakan Admiral Inspection, Pangkoarmada I kemudian melakukan Exit Broadcast di anjungan KRI Jhon Lie-358 dan dilanjutkan dengan Memorandum Panglima Komando Armada I di Gedung Taktical Floor Game (TFG) Satkor Koarmada I.

Pangkoarmada RI Laksdya TNI Denih Hendrata dalam kesempatan itu mengungkapkan, bahwa pergantian kepemimpinan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan tradisi dan proses regenerasi yang terjadi di lingkungan TNI. 

Gara-gara Rumah Dinas Bagus Ini,Pasukan Tengkorak Kostrad Diganjar 5 Miliar Sama Jenderal TNI Maruli

Oleh karena itu, Pangkoarmada RI mengucapkan terima kasih kepada Laksda TNI Achmad Wibisiono yang selama ini telah menjalankan amanah sebagai Pangkoarmada I dengan baik. 

VIVA Militer: Pangkoarmada RI pimpin Sertijab Pangkoarmada I

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

"Saya ucapkan terima kasih kepada Laksamana Muda TNI Achmad Wibisiono yang telah menorehkan prestasi selama menjabat Pangkoarmada I. Dan saya ucapkan selamat atas penugasan barunya sebagai Asrena Kasal," kata Pangkoarmada RI Laksdya TNI Denih Hendrata di hadapan pasukan Jalasena, Senin, 25 Maret 2024.

Selain itu, Pangkoarmada RI juga mengucapkan selamat kepada Laksamana Muda (Laksda) TNI Yoos Suryono yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) atas jabatan barunya sebagai Panglima Komando Armada I menggantikan Laksda TNI Yoos Suryono.

"Saya yakin dengan pengalamanya di Angkatan Laut, Laksda TNI Yoos Suryono dapat mengemban dan melanjutkan kepemimpinan Laksda TNI Achmad Wibisiono sebagai Pangkoarmada I," ujarnya.

Untuk diketahui, Laksda TNI Yoos Suryono adalah salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 35 Tahun 1989. 

Sebelumnya, Laksda TNI Yoos Suryono tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting di lingkungan TNI AL, diantaranya adalah Komandan KRI Karel Satsuit Tubun-359, Asops Danguspurlatim, Komandan Lanal Kendari (2012), Dirjianstraops Seskoal (2016-2018), Seklem AAL (2018-2021), Komandan Lantamal V Surabaya (2021-2022), dan terakhir Komandan Seskoal (2022-2024).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya