Ini Kronologi Koruptor yang Raib 5 Tahun Lalu Diringkus Intel TNI di Kaki Gunung Ciremai

VIVA Militer: Johan ditangkap intel TNI
Sumber :
  • Kodim Kuningan

VIVA – Intelijen TNI Angkatan Darat dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0615/Kuningan, Kodam Siliwangi baru saja meringkus seorang buronan kasus korupsi uang negara Rp3,9 militer.

Dankodiklatal dan Panglima Armada Barat Tentara Laut Malaysia Buka Patkor Malindo di Selat Malaka

Koruptor itu bernama Johansyah alias Mang Johan atau Mang Jo dengan usia 64 tahun. Ia disergap intel TNI di wilayah kaki Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Menurut Komandan Kodim Kuningan, Letnan Kolonel Arh Kiki Aji Wiryawan dalam siaran resmi dilansir VIVA Militer, Selasa Juni 2024, Johan merupakan buronan korupsi yang telah lima tahun lenyap dan diburu pihak Kejaksaan Negara Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Ancaman Panglima Jenderal Agus ke Prajurit TNI yang Terlibat Judi Online

"Sudah jadi DPO Kejaksaan Negeri Lembata karena sudah berstatus tersangka dalam kasus tindak pidana korupsi pembangunan Puskesmas tahun 2019," kata Letkol Arh Kiki Waji Wiryawan.

Lalu gimana sih kronologi sampai Johan bisa diringkus?

TNI Berduka, Kolonel Saryanto Meninggal Dunia di Kepulauan Anambas

VIVA Militer: Intel TNI saat menyergap Johan

Photo :
  • Kodim Kuningan

Jadi saat itu orang Kejari Lembata datang ke Markas Kodim Kuningan dipimpin sama Yupiter Selan, lalu mereka berkoordinasi sama Dandim dan menceritakan perihal keberadaan Johan yang diduga berada di kampung halamannya.

Johan ini diketahui warga asli kaki Gunung Ciremai, Dusun Manis, Desa Mekarmulya, Kecamatan Garawangi, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Dari informasi itu, Dandim langsung memerintahkan unit intel TNI Kodim Kuningan untuk bergerak menelusuri jejak sang koruptor itu. Di bawah pimpinan Letda Inf Waris Hartoko, tim pun mengatur siasat untuk bisa menangkap buronan yang telah 5 tahun raib dari Lembata itu.

Tim intel pun bergerak, pengintai dilakukan sampai didapatkan informasi bahwa Johan enggak di rumahnya. Tapi sedang berada di Desa Darma, Kecamatan Darma.

VIVA Militer: Johan ditangkap intel TNI

Photo :
  • Kodim Kuningan

"Tim pun menuju lokasi, ternyata informasi itu benar. Johan ada di sana sedang mengerjakan proyek pembangunan sekolah MTs Negari 5 Darma," kata Dandim.

Ketika intel TNI melakukan penyergapan, Johan sedang bersantai di lokasi, ia sangat terkejut dengan kedatangan intel TNI dan enggak pernah menyangka pelariannya bisa terendus meski sudah menyeberang pulau.

"Saat dilakukan penangkapan tersangka Johansyah tidak melakukan perlawanan dan akhirnya langsung dibawa ke Makodim 0615 Kuningan," kata Letkol Arh Kiki Aji Wiryawan.

Lalu koruptor yang telah mencuri uang negara sebesar Rp3,9 miliar itu diserahkan kepada tim Kejari Lembata. Dan Johan diterbangkan ke NTT melalui Bandara Soekarno Hatta.

Baca: Aksi Terpuji TNI di Balik Doa Tulus Air Mata Fitri Bangkit dari Derita dan Hinaan Diri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya