Cara Menyelamatkan Akun Email di Facebook

VIVAnews - Akhir Agustus 2009, tepatnya tanggal  31 Agustus 2009, lepas buka puasa, saya mendapat informasi bahwa penggunaan mail address saya dibajak untuk hal yang “ajaib”.

Ditambah fakta, saya tidak dapat mengakses mail address saya dan juga Facebook (FB). Upaya menanggulanginya antara lain dengan membuat pengumuman pada status adik, suami dan anak.

Adik saya menulis pada statusnya: Important Announcement: E-mail & FB kakak saya (Nury…..) kena hack, dan ada org tdk bertanggung jwb...Bila Anda mendapat e-mail atau apa pun ttg hal ini, JANGAN DILAYANI. Tks. Suami dan anak menulis status sejenis.

Announcement ini cukup ampuh, ada teman yang mendapat “kiriman” terkaget-keget, tetapi segera sadar karena membaca status adik dan anak saya. Sulung, yang satu alumni SMA- nya dengan saya, masuk dalam milis kami, mendapati seorang teman yang saat ini mukim di Belanda menjanjikan transfer uang esok harinya.

Hebatnya, sudah ada balasan dari pembajak, dalam bahasa Indonesia, yang mengatakan: Terima kasih banyak, silakan mengirimkan MTCN segera setelah Anda sudah mengirim uang, jadi aku bisa mengambil uang di barat serikat.

Ha, teman kami curiga, barat serikat? Wah, ini bahasa Indonesia mesin…plus sudah kontak sulung. Temen manisku membalas (lagi), "hayo, ngaku, ini bukan mbak Nury."
Seorang dokter yang sudah pernah dapat “kiriman dari teman” surat cinta seperti ini, sehingga tahu ini “hoax” membalas : Semoga Tuhan membantu. He he…, pembajaknya ngerti ngga ya.

Yahoo segera menutup account setelah saya lapor tidak bisa masuk. Ketika ditanya apa alasannya, terdapat list alasan, saya klik: seseorang menggunakan account saya.

Keesokan harinya Yahoo account service memberi tahu, saya diberikan password baru, karena ada yang menggunakan dan berupaya mengubah password saya.

Saya dianjurkan mengunjungi Yahoo Security centre , untuk mempelajari cara menanggulangi terhadap phishing attacks. Yahoo hidup kembali, pada tanggal 1 September 2009.

Giliran Facebook (FB) tertutup pada tanggal 2 September 2009 dini hari, seorang teman melaporkan kejadian ini kepada FB. Saya mendapat pemberitahuan dari FB, seseorang menggunakan untuk hal-hal yang tidak benar, pada keadaan ini meminta uang.

Saya segera membalas, menyebutkan benar alamat saya digunakan seseorang tetapi saya mengharapkan FB saya dapat saya gunakan kembali. Keesokan harinya tanggal 3 September 2009, saya mendapat balasan bahwa FB telah mereset password saya, dan saya bisa mengakses kembali account saya. Segera saya akses dan ganti password. Saya juga diberi informasi tentang security alert.

Seluruh account sudah hidup kembali. Terima kasih untuk para kerabat , teman dan sahabat yang dengan besar hati membantu.

Libur Panjang Kenaikan Isa Al-Masih, 150 Ribu Penumpang Padati Bandara Soetta
Coway

Kantongi Sertifikat Halal BPJPH, Coway Genjot Inovasi Produk

Perusahaan pemurni air dan udara asal Korea Selatan, Coway, mengumumkan bahwa telah resmi mengantongi sertifikat halal dari Badan Pengelola Jaminan Produk Halal (BPJPH).

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024