Video Monyet Paksa Kawini Rusa, Apa Jadinya?

Monyet macaque mengawini paksa rusa Sika
Sumber :
  • www.sciencealert.com/Alexandre Bonnefoy/Éditions Issekinicho

VIVA.co.id – Perilaku binatang kadang menunjukkan hal yan aneh dan unik. Misalnya yang terlihat dari perilaku monyet macaque jantan yang memaksa kawin dengan rusa Sika betina di hutan Kepulauan Yahushima di Jepang. 

Merinding, Viral Video Penampakan Rusa Kutub Bergerak Melingkar Seperti Orang Tawaf

Kawin dua spesies yang berbeda ini berjalan antiklimaks. Monyet tersebut sudah menaiki punggung rusa tersebut, untuk mencoba melepaskan birahinya, namun sang rusa tidak merespons ‘berahi’ mamalia tersebut. 

Dalam rekaman menunjukkan tercatat tiga monyet jenis macaque itu mencoba mengawini sang rusa, dengan cara yang sama. Pertama-tama, monyet mendekati rusa kemudian menaiki punggungnya dan ingin mengawininya. Namun semua upaya tersebut gagal, sang betina tak menghiraukan ajakan kawin tersebut.

7 Fakta Sains Menakjubkan di Dunia yang Belum Banyak Terungkap

Dikutip dari Science Alert, Rabu 11 Januari 2017, tim peneliti yang merekam momen tersebut dipimpin oleh Marie Pele dari Universitas Strasbourg, Prancis. 

Pele menduga monyet jantan tersebut sangat agresif karena hormon hewan tersebut sedang berada di puncaknya, maka mereka menyasar rusa betina tersebut. 

Hiu Megalodon Ternyata Benar Ada

Mengingat monyet tersebut 'kelas rendah' dan termasuk 'pinggiran', Pele mengatakan, kawanan monyet itu tidak bisa leluasa bertemu dengan monyet betina satu spesies, sebab lingkungannya di batasi dengan hewan sejenisnya. Maka, saat hormon monyet jantan tersebut sudah 'membara', mereka melepaskannya dengan mencari rusa betina tersebut yang ada di lingkungannya. 

"Ini menarik untuk melanjutkan pengamatan kelompok monyet macaque jantan Jepang di Yakushima itu, karena spesies ini dikenal menampilkan perilaku kultural dan menjalankan pembelajaran sosial," ujar Sueue Cedric, anggota tim peneliti. 

Peneliti mengatakan, bentuk pembelajaran sosial monyet macaque terlihat saat mereka tak menemukan monyet sejenis yang bisa dikawini. Mereka mengawini rusa untuk menurunkan hormon yang memuncak. 

Penelitian ini telah dilaporkan dalam jurnal Primates. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya