Merinding, Viral Video Penampakan Rusa Kutub Bergerak Melingkar Seperti Orang Tawaf

Rusa kutub
Sumber :
  • animals.sandiegozoo.org

VIVA Trending – Baru-baru ini media sosial dikejutkan dengan sebuah video pemandangan yang membuat merinding saat melihatnya. Bagaimana tidak, sebuah video viral tersebut memperlihatkan kawanan rusa terlihat berjalan melingkar seperti sedang melakukan tawaf saat Haji.

Kharkiv Dihujani Rudal Rusia, Puluhan Pasukan Elite Kraken Ukraina Tewas

Diketahui dari unggahan akun Instagram @bagikertas pada Kamis 11 Januari 2024 ini penampakan tersebut terjadi di Semenanjung Kola di Wilayah Murmansk Rusia. Seperti dikutip dari odditycentral.com, video berdurasi selama 30 detik ini menunjukkan kawanan rusa kutub besar berjalan dalam pola melingkar, baik di alam liar maupun di kandang.

Imam Darto Kena Badai Pasir Saat Tawaf di Mekkah dan Terhempas Angin

Andrei Golovnev, direktur Kunstkámera, yang telah membagi rekaman video tersebut di halaman Facebook miliknya untuk pertama kali mengatakan, "seorang teman saya mengatakan bahwa siklus dan pusaran air adalah jalan menuju realitas yang berbeda,".

Macam-macam Rukun Umrah, Urutan Pelaksanaan hingga Larangan

Berbicara tentang siklon rusa Seperti dikutip dari odditycentral.com, Video selama 30 detik menunjukkan kawanan rusa kutub besar berjalan dalam pola melingkar, baik di alam liar maupun di kandang.

Dan sementara beberapa teori telah diformulasikan untuk menjelaskan perilaku hewan, sejauh ini belum ada yang mengkonfirmasi apakah ada di antara mereka apa yang sebenarnya membuat gerombolan hewan tersebut melakukan hal yang terbilang tak masuk akal.

Andrei Golovnev, direktur Kunstkámera yang telah membagi rekaman video tersebut di halaman Facebook-nya, mengatakan, "seorang teman saya mengatakan bahwa siklus dan pusaran air adalah jalan menuju realitas yang berbeda".

Berbicara tentang siklon tersebut ini biasanya disebut Siklon Rusa Kutub, atau Reindeer Cyclone. Di mana Siklon Rusa Kutub ini merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan fenomena menakjubkan di mana kawanan rusa kutub bergerak bersama dalam formasi melingkar seperti pusaran siklon sebagai mekanisme pertahanan terhadap predator. 

Perilaku ini diamati di berbagai wilayah, seperti Rusia. Dalam Siklon Rusa Kutub, betina dan anak rusa berada di pusat kawanan, sementara jantan menciptakan penghalang berputar untuk melindungi mereka dari potensi ancaman.

Gerakan memutar ini membingungkan predator dan membuat mereka sulit untuk memilih rusa kutub individu untuk menyerang. Siklon Rusa Kutub menunjukkan koordinasi dan strategi pertahanan yang luar biasa yang ditunjukkan oleh hewan-hewan ini dalam menghadapi bahaya.

Namun ada juga penjelasan lainnya, yang mengungkapkan bahwa gerakan melingkar yang dilakukan oleh rusa tersebut sebagai cara mereka agar tetap hangat di tundra. Dimana gerakan konstan dan gesekan antara rusa ini saling menciptakan energi, dan pola gerakan dan beberapa lingkaran membantu untuk menahan panas.

Reaksi Warganet

Sontak saja unggahan video yang membuat merinding tersebut menuai banyak reaksi warganet di media sosial. Tak sedikit yang dibuat kagum dengan penampakan rusa yang melingkar bak orang tawaf.

"Masyaallah....berputarnya pun melawan arah jarum jam, persis manusia thawaf. Ini salah satu bukti bahwa berputar melawan arah jarum jam itu memberikan energi baik pada kita," tulis warganet.

"Gerakannya sesuai fitrah. Sesuai arah bumi berputar. Tidak melawan arah bumi berputar. Bumi berputar melawan arah jarum jam," tandas pengguna lainnya.

"Seperti gerakan tawaf. Dulu waktu masih sekolah, kalau pelajaran olahraga. Pasti kalau berputar keliling lapangan, pasti juga melawan arah jarum jam. Kalau se arah dengan jarum jam. Pasti pusing," seru lainnya.

"Kenapa ya muternya gak searah jarum jam?" timpal lainnya.

"Itu kan bunuh diri, mereka terus bergerak sampe kelelahan,gw pernah baca beritanya," kata lainnya.

"Seperti di kandang, bukan di alam liar. Ada pagarnya itu," tulis lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya