Panji Gumilang Bantah Ajak Jemaah Tawaf Keliling Al Zaytun Pakai Mobil, Begini Katanya

Panji Gumilang saat khutbah salat Idul Adha 1444 H di Al Zaytun
Sumber :
  • YouTube

Jakarta – Pendiri NII Crisis Center Ken Setiawan menyebut santri Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu memiliki haji sendiri setiap tanggal 1 Muharram dalam kalender Hijriyah.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Ken mengatakan para jemaah berkeliling bangunan Ponpes Al Zaytun menyerupai jemaah haji berkeliling Kabah di Mekah. Bedanya, kata dia, jemaah Al Zaytun tawaf menggunakan mobil.

Pernyataan ini disampaikan Ken Setiawan dalam seminar mewaspadai penyimpangan agama melalui doktrin radikalisme, yang diselenggarakan oleh Nii Crisis Center, di pondok pesantren Hidayatut Tholibin, Desa Karanganyar, Kecamatan Pasekan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat Minggu, 18 Juni 2023.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Pendiri NII Crisis Center, Ken Setiawan

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari

Terkait pernyataan Ken tersebut, Panji Gumilang akhirnya buka suara. Menurutnya apa yang disampaikan Ken Setiawan adalah salah satu cara untuk menyudutkan Al Zaytun, dia mengatakan tuduhan tersebut tidak benar.

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

“Itulah dalam rangka menyudutkan orang. Lah kalau itu dipercayai, kacau dunia. Sangat tidak benar,” ujar Panji Gumilang seperti dilihat dalam TikTok Heri Patoeng Jumat, 30 Juni 2023

Terkait tamu yang mengelilingi Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang mengaku itu merupakan rangkaian acara semacam pengenalan lingkungan pesantren yang digunakannya untuk mengenalkan bagian-bagian yang ada di sana beserta fungsinya.

"Ini loh tempat makan, ini loh tempat produksi pangan, ini loh tempat kegiatan IT, diterangkan. Itu namanya berputar-putar. Bahasa Arabnya tawaf." ujar Panji Gumilang.

Sebelumnya, Panji Gumilang juga membantah soal kabar yang menyebut dirinya melarang santri Pondok Pesantren Al Zaytun untuk pergi haji ke Tanah Suci. Menurutnya, narasi yang beredar selama ini keliru dan perlu diluruskan.

“Bukan melarang naik haji. Saya ini mempunyai, apa itu yang perusahaan yang antar-pulang jemaah haji umrah itu, (travel) punya. Rugi saya nanti kalau itu," kata Panji

“Bukan, bukan untuk melarang pergi haji,” sambungnya

Panji Gumilang usai diperiksa di Gedung Sate, Bandung

Photo :
  • VIVA/Adi Suparman
Panji Gumilang mengungkap, dahulu ia adalah seorang petugas haji di Arab Saudi yang tergabung dalam Rabithah Alam Islami. Sehingga, dia mengklaim, dirinya dan keluarga telah melaksanakan haji.

“Saya itu karena petugas dari Arab Saudi dulu yang namanya Rabithah Alam Islami, saya satu tahun itu mendapat satu tiket sekeluarga, ya selalu, bukan lagi dua tanah suci Mekah, Madinah, udah kemana-mana,” pungkasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya