Bantah Larang Pergi Haji ke Tanah Suci, Panji Gumilang: Saya Punya Travel Umrah

Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Panji Gumilang
Sumber :
  • wikipedia

Jakarta – Panji Gumilang membantah soal kabar yang menyebut dirinya melarang santri Pondok Pesantren Al Zaytun untuk pergi haji ke Tanah Suci. Menurutnya, narasi yang beredar selama ini keliru dan perlu diluruskan.

Saudi Arabia Permits All Types of Visas to Perform Umrah

Panji menjelaskan dalam video yang beredar, dia berusaha menerangkan kepada para santri untuk memahami bahwa Indonesia juga merupakan tanah yang suci. Sehingga tidak perlu memiliki keinginan untuk wafat di Mekah atau Madinah.

Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang tiba di Gedung Sate Bandung

Photo :
  • Adi Suparman (Bandung)
Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Pernyataan ini berangkat dari keresahan Panji melihat banyak masyarakat Indonesia yang ketika melaksanakan haji atau umrah, mereka berharap diwafatkan di sana. Menurutnya hal ini yang mencoba dia luruskan.

“Pergi haji ke Mekah, Madinah yang kita namakan Tanah Suci, kemudian ingin mati di tanah suci, tapi tidak mengerti Indonesia ini tanah suci, saya mau memberikan pengertian seperti itu, bukan melarang naik haji,” ungkap Panji Gumilang seperti dilihat dalam unggahan TikTok Heri Patoeng Jumat, 30 Juni 2023.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Perihal pergi haji atau umrah, Panji menegaskan bahwa dia sama sekali tidak melarangnya. Apalagi, saat ini dia memiliki perusahaan travel, sehingga menjadi kerugian besar apabila dia melarang santrinya untuk beribadah ke Tanah Suci.

“Bukan melarang naik haji. Saya ini mempunyai, apa itu yang perusahaan yang antar-pulang jemaah haji umrah itu, (travel) punya. Rugi saya nanti kalau itu," kata Panji

“Bukan, bukan untuk melarang pergi haji,” sambungnya

Panji Gumilang mengungkap, dahulu dirinya adalah seorang petugas haji di Arab Saudi yang tergabung dalam Rabithah Alam Islami. Sehingga, dia mengklaim, dirinya dan keluarga telah melaksanakan haji.

“Saya itu karena petugas dari Arab Saudi dulu yang namanya Rabithah Alam Islami, saya satu tahun itu mendapat satu tiket sekeluarga, ya selalu, bukan lagu dua tanah suci Mekah, Madinah, udah kemana-mana,”

“Berkali-kali ga usah dihitung,” punkasnya 

Panji Gumilang usai diperiksa di Gedung Sate, Bandung

Photo :
  • VIVA/Adi Suparman
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya