Ngeri Banget! Begini Penampakan Jari Tangan Pendaki Gunung yang Terkena Frostbite, Apa Itu?

Seorang pendaki gunung asal Qatar, Fahad Badar terkena frostbite
Sumber :
  • Tiktok

Jakarta – Cuplikan video menampilkan rekaman gambar jari seorang pendaki gunung mengalami pembekuan hingga warnanya berubah menjadi hitam, viral di media sosial Jumat, 30 Juni 2023.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

Dilihat melalui akun TikTok mindcruster selain mengalami perubahan warna menjadi hitam pekat, jari orang itu juga mati rasa dan mengeras seperti lilin akibat suhu dingin ekstrem yang ia temui di ketinggian.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Diketahui, kondisi jari membeku hingga berwarna hitam itu merupakan kondisi frostbite. Adapun pengunggah tidak menyampaikan siapa orang yang terkena frostbite tersebut.

Sementara sejak artikel ini dibuat, video telah ditonton lebih dari 19,4 juta kali, mendapatkan 813 like dan dipenuhi 8443 komentar. Tak sedikit komentar yang berspekulasi kondisi yang dialami orang dalam video adalah kondisi diabetest, adapula yang menganggapnya editan.

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Perlu diluruskan, berdasarkan penelusuran VIVA, Sabtu, 1 Juli 2023 kondisi ini dialami oleh seorang pendaki asal Qatar bernama Fahad Badar. Dia mengalami frostbite saat mendaki Gunung Broad Peak, Pakistan (8.000 mdpl) beberpa tahun lalu.

Fahad membagikan kondisi jari tangannya yang menghitam dan kaku ini ke media sosial melalui akun TikTok pribadinya pada 23 September 2021 lalu. Video yang diunggahnya pun viral setelah ditonton lebih dari puluhan juta orang.

Kini Badar telah mengamputasi bagian tangan yang terkena frostbite itu dan menggantinya dengan alat buatan.

Lantas, apa itu frostbite?

Mengutip laman Kementerian Kesehatan, frostbite adalah suatu kondisi di mana jaringan tubuh mengalami pembekuan. Seseorang yang terkena frostbite sama sekali tidak merasakan hal apa-apa alias mati rasa.

Sebelum masuk ke tahap frostbite dikenal sebuah istilah bernama frostnip. Pada tahap ini, seseorang tidak akan mengalami kerusakan pada kulit, namun bakal merasakan sejumlah gejala seperti kulit terasa dingin dan seolah seperti ditusuk-tusuk.

Kalau dibiarkan dan tidak segera ditangani dengan cepat, radang dingin bisa memburuk dan menyebabkan mati rasa serta kulit mengalami perubahan warna.

Pada tahap frostbite paling parah, kulit manusia bisa menjadi keras dan terasa seperti lilin. Kondisi ini bisa terjadi di bagian tubuh apapun, tetapi umumnya menyerang jari tangan atau kaki, ujung hidung, bibir, atau telinga.

Frostbite harus segera ditangani untuk menghindari amputasi. Siapa pun dapat mengalami frostbite. Namun, orang yang tinggal di daerah dingin, serta anak-anak dan lansia, lebih berisiko terkena frostbite.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya