Belasan Harley dan Porsche Klasik Diamankan TNI AL

Motor Harley-Davidson yang diselundupkan ke Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Tim gabungan TNI Angkatan Laut berhasil mengamankan Kapal Roro KM Fajar Bahari V yang menyelundupkan 18 motor besar dan sembilan mobil di perairan Tanjung Karawang, Teluk Jakarta, Rabu 11 April 2018 pukul 15.00.

Mobil Senilai Rp5,7 Triliun Tenggelam ke Dasar Laut

Jenis moge yang diamankan sebagai besar lansiran Harley-Davidson, di antaranya Police, Ultra, Road dan Glide. Ada juga merek lainnya, seperti BMW GS 1200 dan Honda.

Sedangkan untuk mobil, yang diamankan antara lain Dodge, Toyota Fortuner, dan satu unit Porsche 911 Turbo S klasik.

Ribuan Mobil Mewah Terbakar di Tengah Laut

Panglima Komando Armada Kawasan Barat, Laksamana Muda TNI Yudo Margono mengatakan, pada 10 April 2018 kapal itu berlayar dari Pontianak menuju Jakarta dan diduga membawa sejumlah kendaraan mewah tanpa dokumen.

“Petugas mencurigai isi muatan kapal, karena tidak sesuai jalur pelayaran dan berlabuh di dermaga ilegal. Meski sempat menolak diperiksa, akhirnya petugas menemukan mobil mewah (Porsche) yang ditutup tumpukan kardus berisi masker,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima VIVA, Jumat 13 April 2018.

New Porsche Taycan Cross Turismo Siap Mengaspal di Indonesia

Porsche 911 klasik yang diselundupkan ke Indonesia

Atas pelanggaran tersebut, nakhoda kapal, Ichsan Efendi Saldo telah diamankan petugas untuk dimintai keterangan. Menurut Yudo, kendaraan mewah itu diduga diselundupkan dari Malaysia, karena tidak terdaftar di Pontianak.

“Baru kali ini tertangkap. Dari informasi yang didapat, kapal ini telah melakukan pengiriman barang ilegal, khususnya kendaraan mewah sebanyak kurang lebih delapan kali. Untuk sekarang, semua muatan dalam kapal dibawa ke Pangkalan Angkatan Laut III,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya