Negara Ini Beli Ribuan Bus Buatan Indonesia

Ilustrasi bus karya karoseri lokal
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, Arlinda mengatakan, Bangladesh telah resmi memesan 1.034 unit bus asal Indonesia dengan nilai Rp1,9 miliar per unit.

Senayan Bakal Kedatangan Kendaraan Besar

Laksana, perusahaan karoseri asal Ungaran, Jawa Tengah, yang akan mengerjakannya. Technical Head Manager Laksana, Stefan Arman mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan empat purwarupa bus yang akan dijadikan uji coba.

"Saat ini masih tahap awal, dan saat ini kami sedang memproduksi empat unit untuk Bangladesh. Rencananya untuk dijadikan purwarupa uji coba," katanya kepada VIVA,  Rabu 27 Maret 2018.

Ratusan Bus Buatan Indonesia Beredar di Fiji

Menggunakan sasis bus merek Scania, Stefan mengatakan, pengerjaan untuk purwarupa membutuhkan waktu hingga tiga bulan, karena harus melakukan pengembangan terkait peraturan yang berlaku di Bangladesh.

Saat disinggung waktu pengiriman ribuan bus tersebut. Stefan enggan mengungkapkannya.  Ia mengaku tidak mengetahui secara pasti soal hal tersebut.

Kerennya Bus TransJakarta Baru, Pakai Bahan Ringan

"Betul dari kami karoseri bodinya. Sedangkan untuk sasis, pada tahap purwarupa ini menggunakan Scania. Untuk berikutnya, belum dibicarakan," katanya. 

Pabrik karoseri di PT Adiputro Wirasejati di Jalan Raya Balearjosari, Blimbing, Malang.

Bisnis Karoseri Bus Nol Orderan hingga Kontroversi Ivanka Trump

Soal mobil menerjang pintu tol juga menarik perhatian pembaca.

img_title
VIVA.co.id
31 Agustus 2020