Mau Tahu Harga Bus Karesori?

Bus tingkat Transjakarta.
Sumber :
  • Herdi Muhardi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Tak hanya mobil penumpang, kendaraan dengan bodi panjang seperti halnya bus, juga menjadi alat transportasi yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

Bisnis Karoseri Bus Nol Orderan hingga Kontroversi Ivanka Trump

Namun, tak banyak yang mengetahui, armada bus yang beredar di jalanan adalah hasil modifikasi rumah karoseri. Salah satunya PT Mekar Armada Jaya, atau dikenal dengan nama New Armada.

Menurut Marketing Supervisor New Armada Rahmat, perusahaannya mampu merancang dan membuat segala macam bodi bus sesuai keinginan konsumen.

Senayan Bakal Kedatangan Kendaraan Besar

“Bahan yang kita gunakan juga ada yang impor. namun lebih banyak dari Indonesia. Kualitas terjamin,” ujar Rahmat kepada VIVA.co.id, saat ditemui di ajang International Trade Exhibition for Auto Part, Accessories, and Vehicle Equip (INAPA) 2016, Kamis 31 Maret 2016.

Rahmat menyatakan, New Armada mampu membuat berbagai macam bus, dan telah menjalin kerja sama dengan berbagai agen tunggal pemegang merek di Indonesia.

Ratusan Bus Buatan Indonesia Beredar di Fiji

Untuk soal harga, lanjut Rahmat, bus yang telah masuk karoseri dijual dengan harga yang cukup beragam, tergantung dari ukuran bus hingga seberapa banyak ubahan yang dilakukan.

Ia menjabarkan, untuk bus kecil yang memiliki empat roda, biasanya terbagi menjadi dua, yaitu pendek dan panjang.

“Semisal, minibus yang dipakai rental atau travel, untuk model standar Rp135 juta (15 penumpang). Atau, bisa dibuat lebih mewah, dengan kapasitas 12 penumpang. Sedangkan ukuran panjang Rp165 juta (20 penumpang). Bila dibuat mewah, hanya menampung 12 penumpang,” jelas Rahmat.

Menurut Rahmat , ukuran bus yang sering dicari yakni bus medium enam roda. Bus tipe ini kerap dipesan dengan model mewah, yang harganya mencapai Rp395 juta.

“Ada lagi big bus enam roda, itu bisa Rp700 juta. Sedangkan bus tingkat atau double decker bisa mencapai  Rp1,5 miliar,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya