Fenomena Emak-emak di Jalan Raya Disebut Hanya Narasi

Emak-emak lawan arus
Sumber :
  • Instagram @dramaojol.id

VIVA – Emak-emak selama ini dianggap sebagai sosok yang menakutkan di jalanan. Bagaimana tidak, cara mereka berkendara terkadang bisa membahayakan para pengguna jalan lainnya. 

OJK Ingatkan Emak-emak Hati-hati Terjerat Rentenir: Bunganya Luar Biasa Mencekik Leher

Banyak sekali gambar maupun rekaman yang beredar terkait fenomena bagaimana emak-emak saat berada di jalan. Salah satunya seperti salah menyalakan lampu sein ketika hendak berbelok, melawan arus dan lainnya. 

Melihat hal tersebut, CEO dan Founder Queenrides, Iim Fahima Jachja, mencoba meluruskan fenomena yang dilakukan para kaum Hawa itu ketika berkendara di jalan. 

Rupiah Melemah, OJK Kasih Tips Emak-emak Kelola Keuangan

Ia menilai ungkapan tersebut merupakan sebuah narasi, karena kesalahan itu tak jarang juga dilakukan pengendara dari kaum Adam. 

"Sebetulnya itu hanya narasi yang sengaja disebarkan di sosial media seperti itu hanya kesalahan yang dilakukan perempuan, saya pastikan kesalahan itu dilakukan juga oleh laki-laki," kata dia di Jakarta, Rabu 28 November 2018. 

Emak-emak Hadang Alat Berat Tolak Pembongkaran Pasar Kutabumi

Meski laki-laki juga sering melakukan hal ini, stigma terhadap kelalaian perempuan sudah melekat. Dan juga karena banyak dicari di media sosial.

"Tapi memang selama ini yang banyak dilihat itu figur-figur perempuan, ya sudah akhirnya disebar ke media sosial sehingga muncul narasi seperti itu," ujarnya.

Iim menegaskan salah satu faktor terjadinya kecelakaan pada kaum Hawa disebabkan kurangnya konsentrasi dalam berkendara.

"Paling besar adalah kurang konsentrasi, karena cenderung perempuan itu badannya ada di mana, pikirannya ada di mana," tutur dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya