Mobil Dinas Tertua Presiden Dipajang di Istana pada HUT RI ke-74

Mobil Dinas Presiden pada HUT RI ke-74
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Rahmat

VIVA – Dua mobil sedan Cadillac tipe Fleetwood Brougham keluaran tahun 1980, terpampang di depan Kantor Sekretariat Presiden, samping Gedung Bina Graha Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada HUT RI ke-74 17 Agustus 2019.

Terpopuler: Polisi Gerebek Pameran Otomotif, Pesan Mobil Sport Listrik Rp1,1 Miliar

Ada dua mobil yang dipajang. Dengan pelat 'Tamu Negara' dan 'Indonesia 1'. Dua mobil ini adalah bekas mobil dinas presiden, yang tertua yang dimiliki oleh pihak Istana Kepresidenan.

Dua mobil ini adalah yang tersisa dari mobil-mobil dinas Presiden RI yang pernah ada. Bahkan, mobil yang penuh sejarah ini sempat tertidur lama hingga 15 tahun di gudang Istana Kepresidenan, sebelum pada Juni 2019 lalu mulai diperbaiki.

Spek dan Harga 7 Mobil Mewah Harvey Moeis yang Disita Kejagung, Rolls-Royce sampai Ferrari

Mobil ini pernah digunakan oleh Presiden RI ke-2 Soeharto dari 1980 hingga 1998. Bahkan, juga pernah digunakan untuk menjemput dan mengantar para Tamu Negara yang berkunjung ke Indonesia.

"Ini mobil Cadillac 1987 khusus dipesan pemerintah Indonesia pada masanya untuk digunakan Presiden, untuk kedinasan digunakan tahun 1987-1990 pada masanya," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono, di Istana Kepresidenan Jakarta.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta, Bandung, Bekasi, Bogor Senin 29 April 2024

Heru sempat menjelaskan, pihaknya hanya memperbaiki agar mobil ini bisa berjalan kembali. Walau tidak terlalu jauh. "Ini masih jalan, masih bisa dipakai kalau mau dicoba keliling," katanya.

Mobil klasik peninggalan Istana memang sangat minim. Banyak yang sudah dijual ke publik. Bahkan, salah satu mobil yang pernah digunakan Presiden Megawati Soekarnoputri yakni Marcedes-Benz s600 Pullman pun sudah dilelang.

Pantauan VIVAnews, keberadaan dua mobil tertua ini menjadi perhatian dari para undangan yang akan menuju halaman Istana Merdeka dalam rangka detik-detik upacara HUT RI ke-74 nanti. Mereka menyempatkan untuk berfoto di depan kedua mobil itu. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya