Spesialnya Sepeda 'Brompton Lokal' Jokowi, Segini Perkiraan Harganya

Sepeda lipat Kreuz buatan lokal
Sumber :
  • screenshot Instagram @kreuz.indonesia

VIVA – Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran badan di masa pandemi COVID-19, banyak masyarakat yang memilih bersepeda. Ya, aktivitas ini bukan hanya bisa dilakukan sebagai olahraga secara mandiri, tetapi juga berkelompok agar terasa menyenangkan.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Tak hanya masyarakat awam, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pun menyukai aktivitas bersepeda. Bahkan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu memiliki tiga unit sepeda, dan dia pun memajangnya di media sosial Instagram pribadinya.

"Hidup sehat dan berolahraga di era pandemi sangat penting, agar imunitas tubuh terjaga. Saya rutin bersepeda untuk menjaga kebugaran. Ini sepeda yang saya pakai, ada Kreuz, ada Polygon, ada Element. Semuanya buatan Indonesia," demikian keterangan gambar di akun Instagram Joko Widodo.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Dari ketiga unit yang dimiliki Jokowi, salah satu yang menarik perhatian adalah Kreuz. Sepeda buatan lokal itu cukup dikenal di kalangan pehobi, lantaran desainnya menyerupai produk kendaraan kayuh asal Inggris, Brompton.
Baca juga: Ada MPV Mewah Pakai Plat Nomor 'Indonesia 1' Saat Upacara HUT RI ke-75

Melansir dari 100KPJ, Senin 17 Agustus 2020, salah seorang pemilik sepeda Kreuz, Jujun Junaedi  mengatakan, untuk memiliki sepeda sejenis, konsumen perlu bersabar untuk mendapatkan unitnya karena dibuat berdasarkan pesanan.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Pembeli sepeda Kreuz Indonesia, biasanya membayar uang muka terlebih dahulu agar namnya bisa masuk daftar antrean. Disediakan pilihan, membeli frame yang nantinya dirakit sendiri seharga Rp3 jutaan, atau sepeda utuh berbanderol mulai Rp8 jutaan.

Jika memilih full bike, harga sepeda itu tidak diketahui tidak mengikat. Sebab, pembeli bisa memilih merek dan mode komponen sepedanya, mulai dari seatpost, heandlepost, jok, wheelset, ban, setang, handle, chainring, cram arm serta groupset.

Jika melihat dari sejumlah parts yang digunakan pada sepeda Presiden Jokowi dan Iriana, bisa jadi harga full bike Kreuz berwarna merah putih itu mencapai Rp15-19 jutaan per unit. Sebab, ada beberapa parts ternama dan berharga mahal menempel di sepeda itu.

Sementara itu, Public Relation Kreuz, Hendri menceritakan ihwal pemesanan sepeda untuk Presiden Jokowi melalui saluran Youtube Gaya Berkendara. Dia menyebut, pemesanan sepeda buatan Bandung itu dilakukan sejak 3 bulan lalu melalui sekretariat negara.

“Saya bilang 2022, saat ditanyakan kapan bisa jadi. Kan ini sifatnya ada acara, ingin digunakan buat 17 Agustus, akhirnya kita runding (dengan tim), ya sudah dicoba 3 bulan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya