Polisi Terapkan One Way di Puncak Bogor

Polres Bogor tak hanya menerapkan rekayasa arus lalu lintas one way atau satu arah menuju kawasan Puncak, Bogor, untuk mengantisipasi membludaknya wisatawan dalam masa libur panjang akhir pekan, Sabtu, 14 Mei 2022.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Momen libur panjang, membuat sebagian masyarakat mencari destinasi wisata untuk liburan. Salah satunya di Puncak Bogor yang menjadi pilihan. Oleh karenanya, membuat lalu lintas di sana menjadi padat.

Gaikindo Ungkap Alasan Penjualan di Industri Otomotif Merosot

Satlantas Polres Bogor langsung bertindak untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas one way di Jalan Raya Puncak Bogor. Aturan tersebut berlaku untuk kendaraan menuju puncak hingga nantinya arus balik.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Dicky Pranata menjelaskan situasi lalu lintas pada hari kemarin terpantau cukup ramai. Banyak dari pengnujung menggunakan kendaraan baik roda empat dan roda dua yang memadati arus lalu lintas.

Ajak Jalan Wuling Cloud EV di Perkotaan, Tetap Nyaman di Tengah Kemacetan

Polres Bogor tak hanya menerapkan rekayasa arus lalu lintas one way atau satu arah menuju kawasan Puncak, Bogor, untuk mengantisipasi membludaknya wisatawan dalam masa libur panjang akhir pekan, Sabtu, 14 Mei 2022.

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

"Kebijakan itu berlaku di Simpang Gadog maupun di Jalan Raya Puncak. Di jalan tersebut terpantau cukup ramai, di mana masih dalam suasana long weekend. Sehingga kami melakukan penarikan dari kendaraan arah atas (one way menuju puncak)," ujar Dicky, dikutip VIVA Otomotif dari Korlantas Polri, Senin 16 Mei 2022.

Kendaraan Tempur Pengawal Para Kepala Negara saat World Water Forum di Bali

Adanya kepadatan volume kendaraan yang mengarah ke kawasan puncak mengakibatkan atrean kendaraan mengular panjang. Bahkan di ruas Tol Jagorawi juga dipadati oleh kendaraan mobil pribadi yang ingin menuju kawasan Puncak.

Dicky menambahkan antrean kendaraan juga dipenuhi bus angkutan pariwisata berukuran besar dari arah Jakarta via Tol Jagorawi. Sebelum meberlakukan kebijakan one way, Polri sempat lakukan sistem ganjil-genap, tetapi situasi arus makin padat.

Sementara itu, KBO Lantas Polres Bogor, Iptu Ketut Laswarjana menyebut sistem one way adalah pilihan yang tepat karena volume kendaraan lebih banyak dibandingkan kendaraan arah Jakarta. Tidak menutup kemungkinan, saat arus balik akan kembali padat dan diberlakukan kebijakan tersebut.

"Sehingga kami berlakukan one way di kawasan Puncak. Kebijakan ini mulai berlaku pada pukul 08.30 WIB sampai arus kembali normal," ungkap Ketut.

Dia menghimbau kepada masyarakat yang sedang di kawasan puncak untuk tetap mengikuti aturan sesuai yang diarahkan oleh Polri. Gunakan jalur dengan baik, dan usahakan mencari jalan alternatif agar menghindari kepadatan volume kendaraan.

"Namun tetap berhati-hati dan utamakan keselamatan dan tetap ikuti peraturan berlalu lintas," pungkas Ketut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya