Begini Caranya Biar Bisa Urus SIM Tanpa Keluar Rumah

Surat Izin Mengemudi.
Surat Izin Mengemudi.
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA – Ketika pemilik atau pengemudi kendaraan baik roda dua maupun roda empat, mau mengurus Surat Izin Mengemudi alias SIM, tentu harus meluangkan waktu dan tenaga untuk mendatangi kantor polisi, yang terdapat fasilitas layanan SIM.

Namun kini, masyarakat tidak perlu lagi ribet untuk mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kantor Polisi. Korlantas Polri kini telah menyediakan proses pengurusan SIM, baik membuat baru maupun perpanjangan secara digital melalui layanan Sinar atau SIM Nasional Presisi lewat smartphone masing-masing.

Dengan adanya layanan ini, pemohon tidak perlu memakan banyak waktu dengan mengantre. Selain itu SIM juga bisa langsung dikirim ke rumah masing-masing secara aman.

Namun, sebelum pemohon ingin menggunakan layanan SIM online, pemohon harus download aplikasi Digital Korlantas Polri terlebih dahulu. Aplikasi ini juga sudah tersedia di App Store dan Google Play Store.

Perekeman data pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM)

Perekeman data pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ardiansyah

Nantinya, pemohon cukup menuntaskan semua langkah-langkah registrasi online di layanan SINAR yang terdapat pada aplikasi Digital Korlantas Polri, setelah itu pilih jadwal untuk melaksanakan tes praktik.

Berikut langkah-langkah membuat SIM Baru dengan layanan SINAR, berdasarkan digitalkorlantas.id yang dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi NTMC Polri, Rabu 18 Mei 2022: