Memberi Tahu Kendaraan Lain di Depan Ada Razia, Bisa Ditilang

Ilustrasi razia malam hari
Ilustrasi razia malam hari
Sumber :
  • Korlantas Polri

VIVA Otomotif – Komunikasi antar pengemudi biasanya dilakukan melalui kode atau isyarat, yang dilakukan dengan cara membunyikan klakson, kedipan lampu atau penggunaan lampu sein atau hazard.

Tujuannya macam-macam, salah satunya bermanfaat untuk meminimalisir kecelakaan antar kendaraan, atau memberi tahu kendaraan lain ada razia sebagai bentuk solidaritas antar pengemudi.

Tapi, memberi kode kendaraan lain untuk memberikan informasi ke pengendara lain jika ada razia bisa menjadi malapetaka, karena dengan memberikan informasi jika ada razia akan kena denda, Sebab, perilaku tersebut dianggap perbuatan yang melanggar hukum, dan aturan tersebut berlaku di Inggris.

Seperti dikutip dari The Sun, Selasa 5 Juli 2022, memberikan kode kepada pengendara lain dianggap melanggar pasal 89 Undang-Undang Kepolisian 1996 yang berlaku di negara dengan ibu kota London tersebut,

Lamborghini Aventador ditilang polisi London, Inggris

Lamborghini Aventador ditilang polisi London, Inggris

Photo :
  • Dailymail

Alasannya, tindakan itu merupakan bentuk pelanggaran yang dengan sengaja menghalangi seorang polisi yang sedang melaksanakan tugas.

Tak hanya itu, aturan tersebut juga berlaku ketika pengendara memberi kode adanya speed trap atau alat untuk membaca kecepatan kendaraan, jika ketahuan polisi maka tindakan tersebut akan ditindak oleh polisi yang akhirnya akan kena denda.