Pakai Aplikasi Ini Ujian SIM Bisa Dikerjakan dari Rumah

Polisi menunjukkan kartu Smart SIM (Surat Izin Mengemudi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

VIVA Otomotif – Surat Izin Mengemudi alias SIM diterbitkan sebagai syarat mengendarai kendaraan, artinya ketika pengemudi sudah memiliki SIM berarti sudah layak untuk mengemufikan kendaraan.

Dispensasi Perpanjangan SIM Libur Kenaikan Isa Almasih 9 Mei 2024

Seharusnya seperti itu, karena ketika pengajuan pembuatan SIM harus melewati beberapa ujian. Namun, saat ini urusan bikin SIM bisa dilakukan dengan cara online, termasuk mengikuti ujian teori, untuk pengajuan SIM baru.

asubdit SIM Ditregident Korlantas Polri, Kombes Pol Trijulianto Djati Utomo mengatakan bahwa masyarakat bisa melakukan ujian teori pembuatan SIM baru, secara online menggunakan E-AVIS (Electronic Audio Visual Integrated System).

Rusia Izinkan Foto Muslimah Berhijab untuk Paspor

"E-AVIS itu adalah pembaruan dari sistem uji teori yang kita miliki. Dulu namanya AVIS, sekarang pakai E karena memang bisa diakses lewat mobile maupun web. Jadi mempermudah masyarakat bisa mengikuti ujian teori secara online atau dia datang ke kantor Satpas," tambah Djati dikutip dari video yang diunggah oleh channel YouTube NTMC Polri, Jumat 29 Juli 2022.

Peserta mengikuti ujian teori Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Daan Mogot, Jakarta, Selasa (2/6/2020).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Cara Polres Depok Cegah Pungli Bikin SIM

Menurutnya, dengan E-AVIS masyarakat bisa mengerjakan ujian teori SIM secara online di rumah. Proses pengurusan SIM baru pun dinilai lebih efisien.

Nantinya, untuk mengikuti ujian teori SIM secara online, pemohon harus mengisi data diri seperti nama, NIK, dan nomor telepon. Setiap pemohon akan direkam wajahnya selama pengujian teori SIM. Petugas kepolisian bisa memantau proses ujian melalui kamera ponsel pemohon yang terhubung dengan sistem E-AVIS.

Meski ujian teori SIM bisa dilakukan secara online, untuk proses selanjutnya pemohon harus tetap mengunjungi kantor Satpas. Sebab, pemohon harus mengikuti tahap selanjutnya seperti ujian praktik dan tes kesehatan.

"Cara online juga harus datang ke kantor Satpas setelah hasilnya lulus tapi belum terverifikasi," kata Djati.

Djati menilai, program ujian SIM secara online ini merupakan program prioritas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dengan aplikasi ini, pihaknya ingin memudahkan masyarakat untuk pengurusan SIM.

"Kita ingin masyarakat itu bisa mengikuti ujian teori online secara daring penuh, melalui gadget, di mana saja, kapan saja," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya