Ada Speedcam, Berani Ngebut di Daerah Ini Siap-siap Ditilang

Ilustrasi Pemasangan Kamera E-Tilang
Ilustrasi Pemasangan Kamera E-Tilang
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA Otomotif – Pihak kepolisian dalam hal ini polisi lalu lintas, terus berupaya untuk menekan angka kecelakaan juga menertibkan para pengendara, seperti aksi kebut-kebutan dengan menggunakan speedcam yang nantinya bisa ditilang.

Jalur wisata Tawangmangu jadi tempat pengendara motor yang hobi ngebut, menggeber motornya dengan menggunakan knalpot racing.

Aksi tersebut selain berakibat polusi suara, juga bisa mengancam keselamatan baik dirinya sendiri maupun pengendara lain.

Makanya untuk agar pengendara bisa tertib lalu lintas, Polres Karanganyar memasang kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), peranti ini mampu merekam pengendara yang kedapatan melanggar lalu lintas.

Ilustrasi kamera ETLE

Ilustrasi kamera ETLE

Photo :
  • Korlantas Polri

Menurut AKP Yulianto, Kasat Lantas Polres Karanganyar mengungkapkan, ada delapan lokasi di sejumlah jalan Kabupaten Karanganyar yang akan dipasangi kamera ETLE, salah satu di kawasan wisata Tawangmangu.

Kamera lalu lintas dari Korlantas Polri tersebut terdiri atas kamera ETLE, kamera pemantau kecepatan (speed cam), dan kamera untuk menghitung jumlah kendaraan yang melintas.

”Jadi nanti yang memasang juga Korlantas Polri. Ada kamera ETLE, kamera pantau, dan kamera untuk menghitung kendaraan,” kata Yulianto dikutip dari laman resmi NTMC Polri, Kamis 11 Agustus 2022.

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, penempatan kamera lalu lintas tesebut juga ditentukan Korlantas Polri, salah satunya jalur wisata Tawangmangu yang memiliki kepadatan lalu lintas tinggi pada waktu-waktu tertentu. Terlebih wilayah lereng Gunung Lawu ini berbatasan dengan Magetan, Jawa Timur.

”Kemungkinan di Cemara Kandang, karena itu perbatasan Jawa Timur dengan Jawa Tengah. Tapi jenis kamera yang akan dipasang dan waktu pemasangannya kami belum tahu,” jelasnya.

Sejauh ini sudah ada beberapa titik yang dipasangi kamera ETLE. Seperti ETLE simpang empat Tasikmadu, speed cam di Colomadu dan jalan tol wilayah Karanganyar.