GIIAS 2022 Resmi Dibuka, 30 Mobil Baru Siap Dibuka Selubungnya

Ilustrasi pameran GIIAS di ICE BSD.
Sumber :
  • Gaikindo

VIVA Otomotif – Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2022, resmi digelar pada hari ini. Acara dibuka oleh Menteri Kordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Benarkah Kaca Film Mobil Bisa Kedaluwarsa? Ini Jawabannya

Menko Airlangga datang ke ICE BSD City, Tangerang didampingi oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dan beberapa pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Menko Airlangga mengatakan bahwa Indonesia masih menjadi pasar yang besar bagi industri otomotif.

Penampakan Mobil Porsche Hampir Terbalik Usai Hantam Tembok Markas Samapta Polrestabes Medan

“Indonesia adalah pasar kendaraan bermotor, dengan rasio kepemilikan 99 mobil per 1.000 penduduk. Industri otomotif ini berpotensi untuk terus tumbuh, dan penjualan mobil mayoritas angkanya di Rp200 juta sampai Rp300 juta,” ujarnya, dikutip Kamis 11 Agustus 2022.

Sementara itu, Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi menuturkan bahwa para produsen kendaraan bermotor terus berupaya meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri, yang saat ini angkanya sudah mencapai lebih dari 80 persen. Tujuannya, yakni demi mengurangi ketergantungan impor.

Peringati 20 Tahun Porsche Indonesia, 718 Cayman Style Edition Mejeng di Surabaya

“Industri otomotif Indonesia saat ini terus berbenah diri, terus mendorong penggunaan komponen dalam negeri sehingga menjadi tempat yang menarik bagi para investor. Dan yang paling penting, adalah untuk mengurangi impor dan bersama terus mendorong nilai ekspor,” tuturnya.

Pabrik Wuling di Cikarang.

Photo :
  • VIVA.co.id/Pius Mali

Ajang GIIAS 2022 iikuti oleh 25 merek kendaraan penumpang dan komersial, mulai dari Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, hingga UD Trucks.

Dari puluhan merek yang hadir, sebagian besar akan memamerkan model terbaru mereka. Diketahui ada lebih dari 30 mobil, yang siap dibuka selubungnya pada pameran GIIAS 2022.

Salah satu area yang ditonjolkan pada pameran kali ini aalah EV Test Track, di mana para pengunjung dapat melihat langsung 13 kendaraan listrik penumpang dan komersial, serta 10 model motor listrik. Beberapa juga bisa dicoba di lokasi.

“Gelaran GIIAS 2022 akan memberikan informasi dan edukasi mengenai ekosistem kendaraan listrik melalui berbagai program, salah satunya EV Test Track,” ungkap Nangoi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya