Bamsoet Minta Produsen untuk Membuat Komponen Kendaraan Listrik Secara Lokal

Komponen kendaraan listrik sepeda motor milik Smoto
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif  – Saat ini kendaraan listrik mulai dijual di Indonesia baik sepeda motor maupun mobil. Hal itu dikarenakan Pemerintah sedang mendorong penggunaan ramah lingkungan untuk mobilitas masyarakat.

Pemerintah Bakal Tambah Saham Freeport Jadi 61 Persen, Bahlil Buka-bukaan Pertimbangannya

Bahkan, kendaraan dinas pemerintah diwajibkan menggunakan kendaraan listrik untuk aktivitas sehari-hari. Hal ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Sebagai Kendaraan Dinas Operasional.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan saat ini kendaraan listrik mulai diproduksi di Indonesia, namun ada beberapa komponen yang masih diimpor dari luar negeri. Oleh karena, dia meminta untuk membuat komponen secara lokal agar lebih berkualitas.

Siap Dukung Program Prabowo-Gibran, Partai Buruh Pertimbangkan Deklarasi Resmi

Bamsoet saat acara peresmian Blackstone Garage

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

"Kendaraan listrik kan memiliki komponen-komponen seperti sparepart ini semua kami buat bisa dalam negeri. Jadi, ke depannya itu dapat dipahami dan mampu seluruh komponen dibuat lokal, kecuali komponen baterai dan dinamo yang sering kami impor dari luar negeri," ujar Bambang Soesatyo beberapa waktu lalu di Jakarta, dikutip VIVA Senin 10 Oktober 2022.

Serikat Pekerja Tembakau Minta Pemerintah Tunda Pengesahan RPP Kesehatan, Ini Alasannya

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini memberitahu bahwa komponen bisa dibuat secara lokal seperti bodi kendaraan yang sejatinya bisa dibuat dibeberapa daerah Indonesia. Namun, hal itu harus didukung oleh beberapa produsen kendaraan yang ingin memproduksi komponen lokal.

"Jadi kita semua harus mampu dan bisa membuat komponen model kendaraan listrik dan bisa menghasilkan produksi ratusan jenis kendaraan listrik dengan harga jual lebih murah," tambahnya.

Dia mengungkapkan ada keuntungan jika komponen dibuat lokal dan jadi home industri. Ada salah satu keuntungan yaitu membuka lapangan pekerjaan besar untuk membangun sparepart kendaraan listik di Tanah Air.

Sebagai tambahan informasi, sudah ada beberapa model kendaraan listrik mobil maupun sepeda motor yang dijual di pasar Indonesia. Adapun modelnya seperti Wuling Air EV, Nissan Leaf, Hyundai Ioniq 5, Gesits, Volta, dan Alva One.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya