Volume Kendaraan Pasca Libur Natal Alami Kenaikan

Sejumlah kendaraan yang menuju Jakarta memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama 1 di Jawa Barat saat momen hari libur Natal pada Minggu, 25 Desember 2022.
Sumber :
  • ANTARA/Rivan Awal Lingga

VIVA Otomotif – Saat ini masyarakat Indonesia tengah memasuki masa libur Nataru (Natal dan Tahun Baru 2023). Umumnya, beberapa dari mereka yang berkeluarga biasanya melakukan perjalanan liburan dengan menggunakan mobilitas kendaraan.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Diketahui, momen tersebut selalu ditunggu-tunggu untuk melakukan istirahat panjang dan berkumul bersama keluarga. Sudah hampir seminggu selamat libur Nataru, Jasa Marga telah mencatat sebanyak 490.212 kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek, dikutip VIVA dari Jasa Marga Rabu 28 Desember 2022.

Jika dibandingkan dengan periode Nataru tahun lalu (2021), total volume tersebut mengalami kenaikan 14,05 persen, dengan total 429.817 kendaraan. Sementara itu, total volume yang kembali wilayah Jabotabek ini kembali naik 13,11 persen jika dibandingkan lalu lintas normal periode Juni tahun ini.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Kondisi arus kendaraan di Tol Tangerang-Merak

Photo :
  • Istimewa

Perlu diketahui, angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung).

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Untuk para pemudik yang telah pulang kembali ke wilayah Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 240.077 kendaraan (49,0 persen) dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 135.882 kendaraan (27,7 persen) dari arah Barat (Merak), dan 114,253 kendaraan (23,3 persen) dari arah Selatan (Puncak).

Dalam salah satu rincian tersebut yang terbanyak misalnya dari arah timur. para pengendara melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 121.647 kendaraan, meningkat sebesar 35,06 persen. 

Sementara itu, dari arah GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 118.430 kendaraan, meningkat sebesar 16,96 persen dengan lalu lintas normal. Apabila di akumulasi keduanya mendapatkan sebanyak 240.077 kendaraan, dan meningkat sebesar 25,48 persen.

Sebagai informasi, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan untuk pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya