Ini Cara Polisi untuk Mencegah Balap Liar di Jalan

Motor balap liar disita polisi
Motor balap liar disita polisi
Sumber :
  • Humas Polres

VIVA Otomotif – Aksi balap liar hingga saat ini masih dilakukan di sejumlah wilayah Indonesia. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan oleh pengendara sepeda motor yang ingin kendaraan menjadi terunggul dalam kecepatan.

Adanya aksi tersebut, banyak masyarakat yang merasa terganggu lantaran suara yang dihasilkan sangat mengganggu, terlebih lagi dilakukan di malam hari. Alhasil, beberapa dari mereka kerap melapor kepada pihak aparat penegak hukum.

Sering menerima laporan terkait adanya balap liar yang dilakukan oleh oknum anak muda di beberapa titik jalan, pihak kepolisian melakukan sejumlah cara untuk meminimalisir adanya aksi tersebut.

Polisi Tidur atau Speed Trap

Polisi Tidur atau Speed Trap

Photo :

Diketahui, mereka melakukan cara speed trap atau polisi tidur di badan jalan. Hal itu berfungsi untuk memperlambat laju atau kecepatan kendaraan. Terlebih, saat ini juga banyak pengendara yang diketahui menambah kecepatan di lokasi yang ramai.

Kasat Lantas Polres Berau, AKP Edo Dhamara Yudha mengatakan banyak aduan dari masyarakat terkait kegiatan balap liar yang meresahkan mereka ketika hendak istirahat. Oleh karenanya, pihaknya melakukan cara tersebut untuk mencegah terjadinya aksi balap liar di jalan.

"Kami mendapat keluhan dari masyarakat soal balapan liar yang akhir-akhir ini marak terjadi, agar tidak terjadi lagi maka kita ambil langkah dengan memasang speed trap," ujar Edo, dikutip VIVA dari Korlantas Polri Rabu 11 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title