BYD Hadirkan Bus Trayek Lokal di London

Bus BYD
Sumber :
  • Carnewschina

London – Manufaktur otomotif asal China, Build Your Dreams (BYD) melebarkan jangkauan ke segmen kendaraan niaga di Inggris, dan diprediksi akan menjadi pemasok tetap untuk Routemaster di London.

Viral Bocah Terlindas Bus Telolet di Tangerang, Begini Kondisinya Sekarang

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Carnewschina pada Jumat, 24 Mei 2024, Routemaster sendiri merupakan trayek kendaraan umum dalam kota yang beroperasi menggunakan bus tingkat (Double Decker), sebagai moda transportasi masyarakat.

Go-Ahead Group yang mengoperasikan bus atas nama Transport for London (TfL) dikatakan hampir melakukan pemesanan 100 bus dengan kode BD11 dari pihak BYD.

Ngeri! Viral Lagi Video Bocah Terlindas Bus saat Berburu Klakson Telolet

Bus BYD

Photo :
  • Carnewschina

Adapun biaya masing-masing bus adalah 400.000 poundsterling Inggris, alias sekitar Rp8,16 Miliar.

Konsumen Belum Terima Unit, Mobil Baru BYD Meluncur Lagi Bulan Depan

Sebagai informasi, banderol tersebut disebut-sebut lebih murah 100.000 poundsterling Inggris alias sekitar Rp 2'04 Miliar dibandingkan merek kompetitor lokal asal Inggris, sedangkan bus BYD akan dibuat di China.

BYD sebelumnya bermitra dengan produser Inggris Alexander Dennis dan tahun lalu merayakan pengiriman busnya yang ke -1500 di Inggris, namun kemitraan tersebut kemudian putus dan kedua mitra melakukannya sendiri, setelah mengirimkan lebih dari 1,800 unit.

Namun BYD menekankan bahwa 34 persen komponen yang digunakan dalam BD11 bersumber dari Eropa.

Menyoal spesifikasi, bus BYD BD11 akan ditenagai oleh Blade Battery, alias baterai Lithium Feero Phosphate (LFP) racikan khusus milik BYD.

Kapasitasnya adalah 532 KwH yang diprediksi memiliki daya jelajah maksimal 640 kilometer alias 400 mil, dalam kondisi baterai terisi penuh.

Kapasitas tersebut diprediksi cukup mumpuni, mengingat sebagian besar bus London dilaporkan menempuh jarak antara 100 dan 200 mil sehari.

Konsumsi energinya dikatakan 0,9 mil per kWh, selain itu, baterai terpasang pada sasis (CTB) yang dikatakan memberikan pengurangan bobot sebesar 8 persen meningkatkan jangkauan, dan memberikan lebih banyak ruang bagi penumpang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya