Toyota Tunda Peluncuran Prius Wagon

Produksi mobil Toyota Prius di Jepang
Sumber :
  • AP Photo/Shizuo Kambayashi

VIVAnews- Toyota Motor Corp menunda peluncuran Prius versi panjang (wagon) menyusul kelangkaan komponen pascagempa dan stunami yang melanda negeri itu pada 11 Maret lalu.

Toyota telah berencana mulai menjual Prius wagon di Jepang pada April ini. "Namun, tanggalnya telah diundur," kata juru bicara Toyota, Mieko Iwasaki, seperti dikutip laman Autonews, Jumat 25 Maret 2011.

Iwasaki tidak mengatakan kapan jadinya peluncuran mobil itu dilakukan. Namun, penundaan ini diharapkan tidak memengaruhi peluncuran Prius wagon di Amerika Serikat dan Eropa akhir tahun ini.

Keterlambatan peluncuran Prius wagon disebabkan terhentinya produksi di pabrik-pabrik Toyota di Jepang. Selain itu, kekurangan komponen dan kerusakan jaringan dieler juga menjadi alasan penundaan ini.

Toyota berencana mengeluarkan dua versi Prius wagon lima penumpang untuk pasar Amerika Serikat dan tujuh penumpang untuk Eropa. Sedangkan Jepang akan mendapatkan kedua varian ini.

Toyota telah menutup 18 pabrik perakitan domestik setidaknya hingga 26 Maret. Akibat gempa ini, banyak pembuat komponen dan suku cadang belum bisa berproduksi normal. Termasuk perusahaan pembuat baterai untuk kendaraan hybrid Toyota,  Prius.

Pabrik yang dioperasikan Primearth EV Energy Co di Prefektur Miyagi ini bisa menyediakan baterai hingga 300 ribu mobil dalam setahun, atau menyumbang sekitar 27 persen dari kapasitas baterai Toyota. Primearth merupakan perusahaan patungan antara Toyota dan Panasonic. (umi)

Motor Bebek Baru Paling Mahal di RI, Cocok Buat Orang yang Kelebihan Uang
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati

Miris! Angka Stunting Cuma Turun 0,1 Persen, Padahal Sudah Keluar Puluhan Triliun

Komisi IX DPR RI mengkritisi turunnya angka prevalensi stunting hanya 0,1 persen dari 21,6 persen pada 2022 menjadi 21,5 persen pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024