Ini Car of the Year Dunia 2011

Nissan Leaf
Sumber :
  • guardian.co.uk

VIVAnews - New York International Auto Show menobatkan World Car of the Year 2011 kepada mobil listrik Nissan Leaf. Penghargaan tingkat dunia ini diberikan karena Leaf merupakan mobil listrik pertama yang memiliki kemampuan berjalan 100 mil atau 160 kilometer tanpa isi ulang baterai.

Akhir tahun lalu, Leaf juga mendapat penghargaan 2011 European Car of the Year mengalahkan Opel. Sementara itu, untuk menang tahun ini, Nissan Leaf sempat bersaing keras dengan merek mewah BMW dan Audi.

Saat ini, Leaf diproduksi di Oppama, Jepang. Di Amerika Serikat, pabrik Nissan di Tennessee sedang dibangun, dan diharapkan bisa beroperasi pada 2012. Sementara itu, di Eropa, Leaf akan diproduksi di pabrik Nissan di Sunderland, Inggris, pada 2013.

"Tampaknya, 2011 akan menjadi tahun booming bagi Nissan Leaf," tulis laporan Earthtechling.com, Senin 2 Mei 2011. Ini karena Nissan menggandeng ECOtality Inc dan Coulombs Technologies dalam sistem pengisian baterai."

Nissan Leaf menggambarkan mobil masa depan dengan nol emisi. Prototipe mobil ini didasarkan pada Nissan Tiida. Hanya saja, Leaf menggunakan motor listrik 80 kW (110 hp)/280 Nm, dan baterai 24 kWh lithium-ion yang bisa mendorong mobil berjalan 160 km tanpa isi ulang.

Nissan mengklaim mobil ini bisa melaju 140 km per jam. Baterai dapat diisi dengan voltase 480 volt, 220 volt, dan 110 volt. Bila tegangan 480 volt, pengisian 80 persen baterai membutuhkan waktu 30 menit. Bila 220 volt, seperti listrik di rumah-rumah, dibutuhkan 4 jam. Sementara itu, tegangan 110 volt membutuhkan 16 jam.

Mobil ini juga dilengkapi piranti canggih yang terhubung ke pusat data global. Sistem ini memungkinkan pengemudi mengetahui stasiun pengisian baterai terdekat. Selain itu, pengemudi bisa mengakses hiburan selama 24 jam tanpa putus. (art)

5 Destinasi Menakjubkan di Bali yang Bakal Dikunjungi Delegasi World Water Forum
Gedung KPK (Foto Ilustrasi)

Kasus Korupsi Gubernur Abdul Gani Kasuba, KPK Cegah Eks Ketua DPD Gerindra Malut ke Luar Negeri

Status Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba sudah ditetapkan KPK sebagai tersangka.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024