Menjajal Hatchback Besutan KIA

Test Drive All New Rio
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Mahaputra

VIVAnews - Setelah sukses dengan mobil kota besutannya, Picanto, kini PT KIA Mobil Indonesia kembali mencoba strategi baru untuk merebut segmen pasar hacthback di pasar tanah air. Salah satunya dengan melahirkan All New Rio.

Segmen hatchback sedang menjadi tren tersendiri di pasar otomotif tanah air karena kecil dan irit bahan bakar. Dan sepertinya, bukan hal sulit bagi All New Rio untuk merebut pelanggan di kelas compact hatchback. Meski di kelas ini terbilang paling sesak di Indonesia.

All New Rio kini harus berjuang ketat dengan kompetitor lainnya yang sudah lebih dulu bermain di kelas hatchback. Seperti Honda Jazz, Ford Fiesta, Mazda2, Toyota Yaris, dan Hyundai Grand Avega, yang merupakan produk senegaranya.

Mobil lima pintu ini akan resmi dirilis ke pubilk di Central Park Jakarta, Kamis 1 Desember 2011. Namun, VIVAnews.com mendapatkan kesempatan mencoba performa KIA All New Rio, dalam acara media test drive yang dilangsungkan di The Highland Park Resot, Bogor, pada 28-29 November 2011.

Uji kendaraan dimulai dari markas KMI di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan menuju Bogor. VIVAnews.com mendapatkan pilihan menggunakan All New Rio bertransmisi manual dengan 6 tingkat percepatan.

Kesan pertama ketika menggunakan mobil ini adalah sentuhan bodi yang membulat atau menghilangkan kesan kotak. Wajah mobil juga semakin tampan dengan tambahan grill, bumper, dan lampu kabut. Tak ketinggalan adanya ciri khas dari tampilan eksterior mobil KIA saat ini, yakni 'Tiger Nose'.

All New Rio 70 mm lebih panjang dari generasi sebelumnya. Tentunya membuat ruang penumpang dan bagasi menjadi lebih luas. Dengan tinggi keseluruhan 1.455 mm, mobil mungil ini sangat aerodinamis dan sporty.

Kegesitan All New Rio untuk melakukan manuver terlihat ketika diuji di jalan raya maupun tol di Jakarta dalam kondisi lalu lintas padat. Tubuhnya yang mungil menjadikan kemudahan tersendiri bagi pengendaranya untuk bisa menyalip dan menerobos kemacetan.

Dengan kecepatan rata-rata 70 km/jam, mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar sekitar 9,8 km/liter. All New Rio mengusung mesin Gamma 1.400 cc dengan kekuatan maksimal 107 ps pada 6.300 rpm dan torsi maksimal sebesar 13.8 kg.m pada 4.200 rpm.

Mobil ini juga dilengkapi dengan ECO mode di mana apabila diaktifkan akan membantu menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis.

Ketangguhan mobil yang berisi empat orang ini semakin terasa, ketika melahap jalan berliku-liku menuju kaki gunung Salak, Bogor. Kesenyapan kabinnya mampu membuat dua penumpang belakang terlelap.

Keindahan pemandangan gunung Salak, Bogor, semakin terasa indah dari dalam kabin All New Rio. Itu berbakat sentuhan fitur audio system CD MP3 player, dan radio yang telah memiliki koneksi AUX, iPod, Bluetooth, dan USB dengan 4 main speaker.

Soal tingkat keamanan, KIA Rio sudah memiliki kelengkapan passive safety seperti airbag, Antilock Braking System (ABS), sensor mundur, dan battery saver yang secara otomatis mematikan lampu, serta sistem elektrik aktif lainnya ketika mesin dimatikan.

Tapi sayangnya, tingkat kenyamanan pengendara dan penumpang sedikit terganggu dengan suspensi yang terbilang cukup keras atau tidak lembut. Itu dapat dirasakan ketika melintas di jalan yang rusak ataupun berlubang.

Pahadal, suspensi bagian depan Rio sudah mengadopsi McPherson strut dengan stabilizer dan dual tube gas. Sementara bagian belakang menggunakan Couple Torsion Beam, whith gas shock absorber.

Sedangkan pada sistem kemudi, All New Rio menggunakan rak dan pinion yang dilengkapi Motor Driven Power Steering (MDPS) di mana power steering bisa menggunakan listrik saat dibutuhkan. Berkat fitur ini, kemudi stir menjadi lebih ringan saat dibelokan di tingkungan tajam sekali pun. Laju stir juga berputar dengan cepat ke posisi semula.

Meski performanya tidak luar biasa, namun paduan kesenyapan kabin All New Rio patut diancungi jempol. Ini menjadi nilai lebih KIA untuk mampu menawarkan sesuatu yang baru di kelas compact hatchback.

"Indonesia merupakan negara pertama di Asia, selain Korea yang siap meluncurkan KIA Rio," kata Direktur Pemasaran PT KIA Mobil Indonesia Hartanto Sukmono.

All New Rio dipasarkan dengan 7 pilihan warna yaitu solid white, bright silver, grahite greay, black, fresh beige, signal reda, dan wendy brown. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp159,9 juta untuk versi manual, danĀ  Rp173,9 juta versi automatic.

Kondisi Terkini Betharia Sonata, Jalani Latihan Motorik Pasca Alami Gejala Stroke
Industri hulu migas (ilustrasi)

Eskalasi Konflik Timur Tengah Memuncak, Industri Hulu Migas Jadi Harapan RI

Industri hulu migas nasional menjadi harapan masyarakat Indonesia dalam mencapai ketahanan energi di tengah eskalasi konflik Timur Tengah

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024