Mengapa Toyota Galakkan Penggunaan Plastik

Toyota Prius
Sumber :
  • Toyota Motor Co

VIVAnews - Plastik terlanjur dicap tidak ramah lingkungan karena sulit diurai alam. Namun Toyota justru memanfaatkannya. Mengapa produsen mobil terbesar di dunia yang konsen terhadap lingkungan ini justru tertarik memakai plastik?

Seperti dikutip dalam laman resminya,  Toyota menegaskan bahwa dengan mengenali sifat dan karakter, plastik justru membuat mobil bisa lebih ramah lingkungan. Plastik jadi pilihan utama untuk meningkatkan peforma mobil, tampilan kendaraan dan keberlangsungan lingkungan. Dengan kata lain, plastik jadi material penting untuk melahirkan styling yang inovatif, memangkas berat mobil, dan ujungnya peningkatan efisiensi bahan bakar.

“Dengan memangkas berat mobil sekitar 10%, efisiensi bahan bakar naik 6%,” kata Shekar Viswanathan, deputy managing director for commercial operations Toyota Kirloskar Motor Pvt. Ltd. Toyota Kirloskar Motor adalah perusahaan kongsi Toyota Motor Corp. dan Kirloskar Group yang menangani produksi, distribusi, dan pemasaran Toyota di India.

Berbicara di depan pameran Automotive Plastics Show di Mumbai, pertengahan Desember ini, Viswanathan menjelaskan lebih jauh peran plastik di industri mobil. Menurut dia, selain memangkas bobot mobil, plastik juga membantu memuluskan (streamlined) bentuk mobil. Bentuk mobil yang streamline akan menurunkan hambatan aerodinamis yang ujung-ujungnya berkontribusi pada efisiensi bahan bakar dan meningkatkan daya tarik mobil.

Dalam beberapa tahun terakhir, Toyota memanfaatkan lebih banyak komponen plastik. Contohnya Toyota Kijang Innova. MPV popular ini memanfaatkan material plastik di komponen panel instrument, kursi-kursinya, modul bagian depan, panel pintu bagian dalam, bumper, dan komponen-komponen lainnya.

Toyota juga serius melakukan inovasi yang ramah lingkungan dengan mengembangkan resin yang diberi warna. Bila resin sudah berwarna, maka tidak perlu lagi pengecatan paska pencetakan. Dengan demikian bisa dikurangi emisi akibat proses pengecatan, proses hisap debu, dan proses pengeringan.

Toyota juga terus menguji beragam bioplastik. Untuk tahap awal dipasang di model-model tertentu. Jika hasilnya bagus dan cost-effective, bioplastik itu selanjutnya dipakai di semua model Toyota.

Viswanathan mencontohkan Toyota Prius. Bukan cuma sistem penggeraknya yang hijau, tapi juga penggunaan bioplastik meluas. Material plastik yang mudah diurai alam ini dibuat dari jagung dan tebu atau kenaf. “Prius menggunakan eco-plastic di sejumlah komponen interior seperti pelapis pintu, bantalan kursi dan scuff boards,” katanya.

Bioplastik juga dipakai di interior Lexus HS 250 Hybrid. “Penggunaan bioplastik menghemat 20 persen emisi CO2 mobil sepanjang masa pakainya,” kata Viswanathan. (eh)

Terpopuler: Semua Orang Bisa Beli Fortuner, Pajero Sport yang Bikin Insinyur Menangis
Polisi saat mendatangi lokasi TKP di STIP, Jakut

Polisi Tetapkan 3 Tersangka Baru Kasus Tewasnya Taruna STIP, Ini Perannya

Tiga tersangka baru itu merupakan taruna STIP atau senior dari korban Putu Satria. Mereka bertiga punya peran berbeda dalam tragedi penganiayaan terhadap korban.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024