Bertenaga Ganggang dan Listrik Nirkabel

VIVAnews–Pernah membayangkan seperti apa bentuk mobil-mobil balap di masa depan? Ajang LA Design Challenge, yang menjadi bagian dari Los Angeles Auto Show, 19-30 November 2008, menjawab semua itu.

LA Design Challenge adalah sebuah kontes di mana para desainer pabrikan otomotif dunia mengadu kreasi. Temanya satu: mencipta rancangan mobil balap yang akan diadu pada seri balap American Le Mans yang akan digelar di Los Angeles tahun 2025 mendatang.

Audi, Mitsubishi, BMW, Mazda, Mercedes-Benz, General Motors (GM), Toyota, Honda dan Volkswagen, turun menjadi peserta kontes tahun ini.

Tak ada batasan berpikir bagi peserta di  kontes ini. Satu-satunya syarat yang dipatok, adalah bagaimana rancangan mereka itu bisa berlari dengan kecepatan yang sangat tinggi  dengan emisi minimum atau tidak ada sama sekali.

Audi, dalam kontes itu memunculkan Audi R25 hasil rancangan Audi Design Center California. Mobil ini menjadi salah satu yang difavoritkan. Audi R25 dirancang dapat mengkonsumsi bahan bakar hayati (biofuel) yang berasal dari ganggang untuk menjaga ketahanan yang dikompilasikan dengan motor pembangkit listrik untuk tenaga.

Kendati mengadopsi sumber tenaga listrik, Audi R25 sama sekali tidak membutuhkan stop kontak saat balapan. Singkatnya, mobil ini bisa diadu pada arena yang tidak dilengkapi ”charging zone” sekali pun untuk mengisi ulang tenaga listriknya.

Itu semua bisa dilakukan berkat WiTricity (wireless electrical charging zones) alias sistem pengisian nirkabel yang ada padanya.