Lulusan SMP Ini Buat Pesawat Bermesin Sepeda Motor

Chen Xueliang bersama pesawat buatannya
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA.co.id - Bagi sebagian orang, membuat pesawat adalah mimpi yang tak dapat direalisasikan. Namun, tidak bagi Chen Xueliang. Ia tak patah semangat untuk mewujudkan keinginannya membuat pesawat.

Hanya Pangeran Arab yang Bisa Miliki Mobil Konsep Ini

Pria 50 tahun yang tinggal di Desa Qifu, Pingliang, Provinsi Gansu, Tiongkok ini akhirnya mampu membuat pesawat yang diberi nama China Wright Brothers, terinspirasi nama penemu pesawat pertama.

Dilansir Chinadaily, Selasa 31 Maret 2015, untuk merealisasikannya, Chen yang mantan seorang mekanik ini mendesain pesawat buatannya sendiri. Ia menggunakan bodi dari bahan aluminium yang disokong mesin sepeda motor.

Hebatnya lagi, Chen bukan seorang insinyur teknik. Ia hanya lulusan SMP. Pembuatan pesawat ini dilakukan di sebuah bengkel kecil di dekat rumahnya. Chen mengatakan, untuk membuat pesawat buatannya itu, ia telah menghabiskan biaya hingga 30 ribu yuan atau sekitar Rp63 juta.

Chen mengaku, pesawat buatannya pernah diuji coba sebanyak dua kali. Namun, sayangnya dalam dua percobaan itu masih gagal terbang dengan mulus. Rencananya, Chen akan melakukan tes kembali pada tahun ini.

Dengan kelir silver, pesawat buatan Chen ini memiliki panjang 13,8 kaki, lebar 16,7 kaki, dan tinggi 5,2 kaki. Dari bentuknya pesawat ini hanya muat satu orang yang dikendalikan langsung oleh pilot. (art)

Mobil Elvis Presley Ini Sempat Hilang 50 Tahun
![vivamore=" Baca Juga
Kolektor Ditolak Beli LaFerrari Edisi Terbatas
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya