Biaya Perbaiki Tangki Bensin Mobil yang Bocor

Menguras tangki bahan bakar.
Sumber :
  • Indonesiautosblog

VIVA.co.id – Salah satu komponen pada mobil yang tak boleh luput dari perhatian para pemilik kendaraan adalah tangki bahan bakar. Tangki berfungsi menampung bahan bakar yang diperlukan selama dalam perjalanan.

Pria Nekat Lempat Korek ke Tangki Motor Sedang Isi BBM

Seiring lamanya pemakaian, tangki bahan bakar juga pasti mengalami kerusakan seperti karat maupun bocor. Lantas berapa kisaran biaya servis tangki bensin mobil tersebut?

Penggawa Bengkel Karya Jaya di Palmerah, Jakarta, Hartanto mengungkapkan, ongkos servis tangki bensin harganya bervariatif. Kata dia, bila tangki bahan bakar bocor atau bolong dikenakan biaya Rp800 ribu-Rp2 juta.

Catatan Buat Orang Tua, 4 Bahaya Meninggalkan Anak di Dalam Mobil

"Kalau ada yang bocor atau bolong kan kita mesti tambal dahulu. Harga itu untuk semua jenis mobil di tempat kami," kata Hartanto kepada VIVA.co.id, Kamis 17 November 2016.

Biasanya, kata dia, tangki bahan bakar bolong terjadi lantaran banyaknya kotoran yang mengendap di tangki bahan bakar sehingga menyebabkan timbulnya korosi atau karat. "Biasanya jarang dipanasin juga bisa jadi timbul korosi, jadi mobil yang jarang dipanasin akan timbul embun air dan itu bisa timbul karat dan bolong lama kelamaan," ungkapnya.

Mengenal Forged Piston, Teknologi Unggulan Yamaha Adopsi dari MotoGP

Har sapaan akrabnya mengungkapkan, jika tangki bahan bakar yang mengalami karat harus segera dibersihkan. Bila beberapa komponen di tangki seperti pompa bensin dan injektor berkarat umumnya diganti dengan yang baru. Harganya pun variatif.

"Kita di sini enggak bisa matok harga sih tergantung mobilnya, paling ganti begitu kisaran Rp200-Rp600 ribu belum termasuk ongkos ya. Nanti di dalam tangki kita lapiskan penahan karat," katanya.

Motor Isi Bensin di SPBU.

Pemotor Ini Mendadak Viral saat Isi Bensin

Mengisi bensin merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh pengendara motor, ketika bahan bakar di dalam tangki akan habis. Lama waktu yang dibutuhkan tergantung dari pa

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2023