Alasan Mitsubishi Fuso Lirik Bojonegoro

Truk Fuso.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Toto Pribadi

VIVA – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan Mitsubishi Fuso di Indonesia, baru saja membuka dealer baru di Bojonegoro. Lalu apa yang menjadi alasan KTB memilih Bojonegoro sebagai tujuan ekspansinya?

4 Fakta Bocah SD Nyaris Bunuh Diri Loncat dari Jembatan di Bojonegoro

Menurut Director of Sales and Marketing Division PT KTB, Duljatmono, Bojonegoro memang tak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya, kabupaten yang satu ini punya potensi pasar sangat besar untuk kendaraan niaga sekitar 11 persen bagi pangsa Jawa Timur.

"Kita lihat potensi itu secara keseluruhan. Bojonegoro memberikan wilayah jawa timur sekitar 11 pesen. Share di jatim itu kendaraan niaga 43,9 persen itu sampai Oktober," kata Duljatmono usai peresmian dealer Mitsubishi Fuso di Bojonegoro.

Jembatan Bojonegoro-Ngawi Ditutup Total Gegara Ditabrak Truk

Masih menurut Duljatmono, Bojonegoro punya potensi besar sebagai ceriuk penjulan Mitsubishi Fuso karena selain faktor pertanian juga karena berkembangnya sektor infrastruktur, konstruksi dan juga energi dengan masuknya Pertamina di Cepu.

"Targetnya sama dengan share nasional 45,1 persen. Kita harapkan Bojonegoro dapat memberikan kontribusi sehingga bisa menyamai share nasional, menambah volume penjualan," kata Duljatmono.

Polisi Setop Kasus Pencemaran Nama Baik Antara Bupati-Wabup Bojonegoro

Senada dengan hal itu, Irwan Kuncoro selaku Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia yang ikut memasarkan kendaraan komersial ringan (LCV), juga menaruh harapan besar dengan dibukanya dealer pertama Mitsubishi Fuso di Bojonegoro tersebut.

"LCV Jawa Timur untuk kontribusi nasional 11 persen, dengan market share Jawa Timur 30 persen. Kalau kita lihat dari market share nasional itu 28 hingga 29 persen. Artinya LCV Mitsubishi di Jatim sangat kuat, sedikit di atas," kata Irwan.

Sebagai perbandingan, untuk model kendaraan L300 saja, Jawa Timur menyumbang sekitar 90 persen. Sedangkan untuk Bojonegoro menyumbang sekitar 96 persen untuk wilayah Jawa Timur.

Data dari Mitsubishi:

Market share Mitsubishi Fuso Nasional per Oktober 2017:
All: 44,8 persen
Colt Diesel: 58,5 persen
Fuso: 18,1 persen

Market share Mitsubishi Fuso Kabupaten Bojonegoro:
All: 53,3 persen
Colt diesel: 60,5 persen
Fuso: 5 persen

Market share Mitsubishi Fuso di Jawa Timur:
All: 43,9 persen
Colt diesel: 54,4 persen
Fuso: 12,5 persen
 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya