Kenapa Truk Sering Kecelakaan?

Truk yang terlibat kecelakaan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA – Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia atau Aptrindo menilai masih banyak sopir truk di Tanah Air yang tidak paham dengan keselamatan dan cara berkendara yang benar. Tidak heran banyak terjadi kecelakaan truk. Sebab, selain tidak ada sekolah mengemudi khusus truk, sebagian besar sopir kendaraan ini berawal dari kernet atau kenek.

Rem Blong, Truk Tronton Tabrak Rumah dan Warung di Majalengka

Wakil Ketua Aptrindo Bidang Distribusi dan Logistik, Kyatmaja Lookman mengatakan, di Indonesia pendidikan pilot tersedia melalui simulator dan segala pendukungnya. Tapi untuk pendidikan sopir truk atau bus, tidak tersedia. Dia mengatakan, hampir 100 persen sopir truk di Indonesia merupakan alumni kenek.

"Kalau kita ngomong skill memang tidak diragukan, tapi attitude dan knowledge minim. Bahkan ada driver saya yang beranggapan nyetir dengan jarak berdekatan dengan kendaraan di depannya itu bagus, menurutnya kecelakaan tidak terlalu parah," ujarnya di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu 3 Maret 2018.

Jika Kecelakaan Truk, Jangan Cuma Salahkan Sopirnya Saja

Bejo, pengangkut truk sampah di Pintu Air Manggarai.

Menurutnya, pola pikir sopir seperti itu tergolong salah dan gila. Dengan pola pikir tersebut, berarti saat berdekatan sopir itu enggak bisa lihat lampu rem mobil di depannya. Makanya, Kyatmaja mengatakan, pemikiran yang bengkok seperti ini yang harus diluruskan. Sebab kalau tidak diluruskan, akan selamanya pola pikir yang salah tetap diterapkan. 

Pengakuan Sopir Truk Maut yang Pagi-pagi Sudah Hilangkan Nyawa Orang

"Makanya harusnya ada sekolah khusus sopir truk. Karena logistik di Indonesia itu 90 persen dikirim dengan truk. Kalau semua sopirnya mantan kenek karena enggak ada sekolahnya, berarti makin parah. Makin banyak saja kecelakaan terjadi di jalan raya," kata dia. (ase)

Tangkapan layar rekaman kecelakaan truk tabrak kendaraan di Balikpapan

Temuan KNKT pada Truk Maut di Balikpapan Bikin Terkejut

Menurut KNKT penyebab kecelakaan truk adalah rem blong. Uniknya penyebab rem blong pada truk maut tersebut dipengaruhi oleh penggunaan klakson telolet

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022