Pajak Sedan Akan Turun, Suzuki Tak Peduli

Suzuki Ciaz
Sumber :
  • Herdi/VIVA.co.id

VIVA – Pemerintah berencana menurunkan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) mobil sedan di Tanah Air. Hal itu dilakukan, agar pasar sedan kembali menggeliat dan bisa jadi andalan ekspor.

Sempat Tolak Pajak 0 Persen Mobil Baru, Ini Alasan 'Oke' Sri Mulyani

Meski begitu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tetap tidak tertarik untuk menjual sedan lagi, setelah Ciaz. Mengingat, pangsa pasar sedan terbilang kecil.

Deputy Managing Director SIS Divisi Roda Empat, Setiawan Surya, mengatakan, pangsa pasar sedan di Indonesia semakin mengecil. Jadi, meski PPnBM sedan turun, Suzuki tidak akan berminat untuk menjual sedan lagi.

Baru Meluncur, Pesaing Innova dan Avanza Kena Recall

"Pasarnya itu kan mengecil ya, sekarang tinggal lima persen mungkin. Kami fokus ke yang besarnya saja lah. Buat kami, enggak ada dampaknya (pemerintah menurunkan PPnBM sedan)," ujarnya di Jakarta, Kamis 8 Maret 2018.

Bahkan, SIS sudah tidak lagi impor sedan Ciaz ke Indonesia. Kata Surya, stok unit Ciaz di gudang Suzuki sudah tidak ada. Mungkin hanya di beberapa diler saja yang masih ada, namun kode produksinya 2017.

Honda Siap Turunkan Harga Civic Turbo

"Kalau Ciaz, kami masih (jualan), masih berdasarkan permintaan. Kalau ada permintaan, baru kami datangkan lagi,” tuturnya. (ase)

Suzuki Ciaz

Toyota Yaris Bakal Dapat Pesaing Baru

Mobil dari Suzuki tersebut nantinya bakal bersaing dengan Yaris di pasar otomotif India.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2021