Bukan Hanya Avanza yang Jadi 'Mangsa' Xpander

Mitsubishi Xpander.
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Hadirnya Mitsubishi Xpander menjadi pilihan baru di mobil keluarga segmen bawah. Dengan desain yang lebih berani, mobil ini bukan hanya menggoda penyuka mobil low multi purpose vehicle, tetapi juga segmen lainnya.

Mobil Baru Calon Pembunuh Avanza Punya Mesin Lebih Bertenaga

Diketahui, saat ini pasar low MPV dikuasai oleh mobil sejuta umat milik Toyota, Avanza. Selain itu, ada juga Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga.

Director of Sales and Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Osamu Iwaba mengatakan, Xpander hadir sebagai kendaraan yang menggabungkan desain emosional dan fungsionalitas mobil keluarga.

Harga Avanza Baru dan Xpander Sebelum Diskon PPnBM Berakhir

"Kami membangun segmen baru. Memang ini segmen low MPV, tapi orang yang mau beli itu orang yang menyenangi kenyamanan dan tampilan mewah, tapi fungsionalnya juga ada. Segmennya datang juga dari kelas atas," kata Iwaba di Yogyakarta, Kamis 8 Maret 2018.

Iwaba menjelaskan, pemesanan Xpander terus meningkat. Bahkan, bisa menyusul produk yang sudah ada di pasaran.

Mobil Baru Calon Pesaing Avanza Berkeliaran di Tol Cipularang

"Ada segmen di atas dan bawahnya yang ikut beli Xpander. Karena cross segment, maka penjualan lebih baik dari produk lain," kata dia.

Iwaba mencontohkan, ada konsumen-konsumen yang mulanya ingin membeli medium MPV, namun begitu Xpander hadir, menjadi penasaran dan lebih memilih mobil berkapasitas tujuh penumpang tersebut.

"Ada yang ingin punya Innova, tapi lihat Xpander, downgrade sedikit dari kelasnya Innova. Maka jadi beli Xpander. Mereka tidak masalah turun kelas, karena  performa dan fitur di Xpander ini juga sudah cukup lengkap," tuturnya.

Sementara itu, Budi Dermawan Daulay selaku Head of Sales and Marketing Region 1 MMKSI mengatakan, hasil riset memperlihatkan, bahwa 60 persen dari pembeli Xpander merupakan loyalis dari merek lain.

"Xpander benar-benar menarik segala kalangan, bahkan dari kompetitor lain. Yang sebelumnya tidak punya Mitsubishi, tetapi tertarik dan ingin beli Xpander,” ujarnya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya