Pajak Turun, Harga Sedan Jadi Murah

Interior New Toyota Vios 2018
Sumber :
  • Dok: Toyota

VIVA – Pemerintah berencana merevisi pajak kendaraan bermotor jenis sedan. Wacana tersebut disambut baik oleh agen pemegang merek mobil di Tanah Air, salah satunya PT Toyota Astra Motor.

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Lantas, seberapa pengaruhnya rencana penurunan pajak untuk model baru sedan Vios? Wakil Presiden Direktur PT TAM, Henry Tanoto, mengatakan, jika tarif pajak diturunkan diharapkan berpengaruh positif untuk pasar sedan entry-level tersebut.

"Rasanya belum turun pajaknya. Tapi, kalau memang turun pasti akan ada dampak kepada Vios itu sendiri. Besar harapannya juga bisa meningkatkan volume pasar sedan untuk Indonesia," kata Henry di Jakarta.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Henry mengatakan, dengan turunnya pajak sedan, tentunya berpengaruh untuk harga jual yang ditetapkan kepada konsumen. Meski demikian, perlu dilihat secara detail berapa besar penurunan pajak, baru bisa diketahui harga mobilnya.

"Harga akan didiskusikan. Kan saya bilang, kalau ada perubahan (pajak) ya pasti ada dampak sama harga Vios itu sendiri.”

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Tidak hanya berpengaruh pada harga jual sedan, lebih jauh penurunan pajak diharapkan bisa meningkatkan ekspor sedan yang diproduksi di Tanah Air. "Harapannya itu bisa meningkatkan volume pasar sedan di Indonesia. Jadi dengan berkembangnya pasar sedan, nantinya bisa membuat oportunity ekspor untuk sedan itu sendiri," kata Henry. (one)

Honda Mobilio di GIIAS 2019

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

HPM mencatat penjualan retail sebanyak 10.706 unit pada bulan Maret 2024. Ternyata, Honda Mobilio masih ada peminatnya walau tak ada penyegaran pada mobil itu sejak 2019.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024