Bukan Alphard, Ini Mobil Favorit Orang Kaya Indonesia

Baby Alphard, New Toyota Voxy
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Jika bicara soal kendaraan pribadi, kaum kaya pasti memilih model yang berlimpah kemewahan. Otomatis, harganya juga tidak murah.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Contohnya Toyota Alphard, yang sejak lama sudah menjadi pilihan orang kaya di Indonesia. Mobil keluarga dengan model pintu geser ini banyak dibeli, karena desainnya yang gagah dan nyaman dikendarai.

Namun, ternyata Alphard tidak lagi menjadi multi purpose vehicle (MPV) kelas atas terlaris di Indonesia. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan mobil yang diboyong utuh dari luar negeri tersebut kalah oleh saudaranya sendiri.

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku

Pesaing Alphard yakni Voxy, mobil baru Toyota yang diperkenalkan di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2017. Perlahan namun pasti, penjualannya mulai merangkak naik.

Pada Maret 2018, distribusi Voxy dari pabrik ke diler mencapai 702 unit. Sementara itu, Alphard hanya 666 unit. Bulan sebelumnya, jarak penjualan keduanya sangat jauh, 600-an unit untuk Voxy dan Alphard 200-an unit. Pada Juni 2018, Voxy laku 534 unit. Peminat Alphard hanya 188 unit.

Penjualan Daihatsu hingga Agustus 2022 Naik 38 Persen

Salah satu kunci keunggulan dari Voxy adalah harga jualnya. Mobil yang disebut-sebut sebagai versi kecil dari Alphard itu dibanderol mulai dari Rp542 juta. Sedangkan Alphard, termurah dilabel dengan harga Rp925 jutaan. (asp)

VIVA Otomotif: Mobil terlaris di Indonesia September 2023

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, penjualan mobil di Indonesia pada September 2023 mengalami penurunan sebesar 6,3 persen dari bulan seb

img_title
VIVA.co.id
17 Oktober 2023