Harga Murah Bukan Jaminan Mobil Listrik Laku

Mobil listrik Nissan LEAF
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Era mobil ramah lingkungan semakin dekat. Setiap negara berlomba-lomba menjual mobil listrik dan hibrida, berharap bisa mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari mesin berbahan bakar.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Agar harga mobil listrik murah, setiap negara memberikan insentif pada produsen yang menjualnya. Tapi, hal itu belum terwujud di beberapa negara yang ada di Asia, termasuk Indonesia. Saat ini, aturan kendaraan rendah emisi di Tanah Air masih dalam proses.

Mengubah suatu negara agar segera beralih ke mobil listrik tidak mudah, karena pabrikan mobil tidak bisa semena-mena memaksa pemerintah. Seperti yang disampaikan Corporate Vice President, Global Head of Marketing and Brand Startegy Nissan Motor Company Ltd, Roel de Vries.

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

"Yang memutuskan Nissan menjual mobil listrik di setiap negara, enggak hanya dari pajak atau subsidi dari pemerintah di negara tersebut. Tapi, ekosistemnya mendukung atau tidak. Misalnya, stasiun pengecasan yang bekerja sama dengan perusahaan lain," ujarnya di Yokohama, Jepang, Rabu 26 September 2018.

The New Nissan LEAF Nismo

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Dia mencontohkan, area gedung seperti apartemen dan pusat perbelanjaan yang selalu dekat dengan aktivitas pengguna kendaraan listrik, dilihat apakah sudah menyediakan tempat pengisian baterai.

"Kalau pemerintah punya visi panjang untuk masa depan, atau menerima inovasi-inovasi baru, pemikiran seperti itu yang membuat negara tersebut cepat menjual mobil listrik. Contohnya California, pemerintahnya inovatif, jadi gampang menerapkan kendaraan ramah lingkungan," tuturnya.

Mobil listrik bZ3C

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Toyota meluncurkan dua mobil listrik terbarunya, yakni Toyota bZ3C dan Toyota bZ3X. Saudara dari mobil listrik bZ4X tersebut diluncurkan pada ajang Beijing Auto Show 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024