Alasan Avanza dan Xenia Baru Jiplak Lampu Vellfire

Daihatsu Grand New Xenia 2019
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Purna Karyanto

VIVA – Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza baru sudah resmi diluncurkan dan mulai dipasarkan untuk masyarakat Indonesia. Pada model baru tersebut, ubahan paling mencolok ada di bagian eksterior, tepatnya pada wajah keduanya. Baik Xenia maupun Avanza kini menggunakan lampu model baru berteknologi LED.

Daihatsu Xenia Kena Recall

Desain lampu baru dibuat bertumpuk itu, dengan LED di bagian atas serta sein dan lampu senja di bawahnya. Jika dilihat, lampu ini mirip dengan yang ada di  mobil keluarga kelas atas, Toyota Vellfire serta multi purpose vehicle (MPV) menengah Toyota Voxy.

Research and Development (R&D) Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor, Pradipto Sugondo mengatakan, lampu baru dipasang untuk membuat kesan modern pada mobil keluarga yang sudah 15 tahun ada di Indonesia tersebut.

5 Mobil MPV Bekas Terpopuler di Indonesia, Mulai Rp90 Jutaan

"Modelnya seperti ini karena sesuai dengan survey terlebih dahulu dan mobil modern tentunya sudah memakai atribut lampu LED di headlamp-nya. Jadi lampu ini bukan hanya gaya, dengan tempat lebih kecil dan sempit karena harus pipih untuk menujukan desain moderen tetapi juga harus memperlihatkan kekuatan cahaya penerangan yang sama," jelas Pradipto.

Pradipto mengatakan, sebelum mengubah tampilan Avanza dan Xenia serta menambahkan fitur-fitur baru, dilakukan riset dan survey lebih dahulu. Dalam proses R&D dibutuhkan waktu kurang lebih 1,5 tahun, dan  ADM menggandeng principal Toyota  dan Daihatsu hingga finalisasi model baru tersebut.

Viral, Pria di Ponorogo Curi Sepeda Motor tapi Tinggal Mobilnya di TKP

"Kami berkolaborasi dengan principal Toyota dan Daihatsu, tetapi secara fisik memang dilakukan di R&D kami di Karawang, baik untuk model Toyota maupun Daihatsu. Kami melakukan afirmasi berkali-kali dengan tim dari Toyota agar desain yang disediakan ini juga bisa diterima oleh Toyota," ucapnya.

Booth Daihatsu di IIMS 2024

Daihatsu Siapkan Promo Spesial di IIMS 2024

Pameran otomotif Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024 sudah resmi dibuka pada Kamis lalu, dan Daihatsu tidak mau ketinggalan untuk meramaikannya. Pabrikan mo

img_title
VIVA.co.id
20 Februari 2024