Lamborghini Terbuas Meluncur, Ada Peran Indonesia?

Lamborghini Essenza SCV12
Sumber :
  • Lamborghini

VIVA – Lamborghini baru saja membuka selubung mobil baru mereka yang diklaim paling kencang, yakni Essenza SCV12. Tidak seperti model Huracan atau Aventador, kendaraan yang satu ini hanya bisa dikemudikan di sirkuit.

Deretan Mobil Termahal di GIIAS 2023, Ada yang Rp50 Miliar

Berdasarkan keterangan resmi Lamborghini, dikutip Sabtu 1 Agustus 2020, Essenza SCV12 dibekali mesin 12 silinder berkapasitas 6.500cc, yang dapat menghasilkan tenaga 830 daya kuda. Angka tersebut didapatkan, tanpa bantuan turbocharger.

Bodinya juga tidak kalah unik. Lamborghini merancang desain Essenza SCV12 dengan sistem monokok modern yang memberikan keamanan maksimal, sehingga mereka tidak perlu memasang roll bar sebagai pengaman pengemudi.

Ada Mobil Kencang Rp50 Miliar di GIIAS 2023, Cuma 40 Unit di Dunia

Saluran angin dirancang sedemikian rupa, agar menghasilkan gaya tekan sebesar 1.200 kilogram ketika mobil melesat di kecepatam 250 kilometer per jam. Rasio tenaga dan bobotnya juga mengagumkan, yakni 1,66 kilogram per daya kuda.

Baca juga: Cara Memilih Karpet Mobil Sesuai Bahan

GIIAS 2023: Pertamina – Lamborghini Perkuat Kerja Sama hingga 2025

Masuk ke dalam kabin, maka akan terlihat setir ala mobil balap Formula 1. Begitu banyak tombol pengaturan yang tersedia di setir, demikian pula dengan yang ada di panel tengah.

Serat karbon digunakan sebagai lapisan dalam, dan Lamborghini membuang banyak hal demi mengurangi bobot, termasuk mengganti tuas pembuka pintu dengan tali.
Lamborghini Essenza SCV12

Tidak disebutkan berapa banderolnya, tapi pemilik tidak akan bisa membawa mobil ini ke rumah mereka. Lamborghini menyediakan garasi khusus untuk 40 unit Essenza SCV12 yang dijual, dan akan dibawa ke sirkuit pilihan konsumen untuk dikendarai.

Satu hal lain yang menarik perhatian, adalah produk Fastron buatan Pertamina, hal itu terlihat di stiker yang ada di bodi kendaraan. Kedua perusahaan memang sudah lama menjalin kerja sama dalam dunia balap.

Lamborghini Essenza SCV12

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya