Gagahnya Versi Baru Eks Mobil Dinas Perwira Polri

Hyundai Sonata edisi 2020
Sumber :
  • Paultan

VIVA – Nama Hyundai sempat berkibar di dunia otomotif Indonesia pada era sebelum reformasi. Produk asal Korea Selatan itu pernah hadir dalam versi lokal, yakni Bimantara Nenggala dan Bimantara Cakra.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Meski masih tetap eksis di Tanah Air, namun setelah itu kiprah Hyundai tertutup oleh gencarnya pemasaran produk Jepang, terutama dengan kehadiran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Pada 2011, sedan Hyundai Sonata dipesan oleh Polri, untuk digunakan sebagai mobil dinas jajaran perwira. Warna yang digunakan adalah abu-abu, dan jumlah yang digunakan mencapai 100-an unit.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Kini, dilansir VIVA Otomotif dari Paultan, Senin 5 Oktober 2020, Hyundai Sonata versi baru resmi diperkenalkan di Malaysia. Generasi ke-8 ini akan bersaing dengan Honda Accord dan Toyota Camry.

Baca juga: Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung 5 Oktober 2020

Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

Berbeda dari generasi sebelumnya, Hyundai Sonata baru mengusung desain sport coupe di bagian belakang. Hal ini terlihat dari bentuk kaca belakang dan bagasinya.
Hyundai Sonata edisi 2020

Bagian depan juga dirancang agar menampilkan kesan agresif, terutama di bagian grille dan bumper. Lingkar rodanya menggunakan ukuran 18 inci, dan bagian bumper belakang dibuat rendah hingga menutupi knalpot.

Jika Sonata versi Polri menggunakan mesin 2.000cc, maka versi baru ini memakai jantung pacu 2.500cc yang dapat menghasilkan tenaga 175 daya kuda dan torsi 232 Newton meter.

Bagian dalamnya terlihat mewah. Dasbor dirancang tipis sehingga layar hiburan tampak menonjol. Sistem transmisi otomatisnya memakai model tombol, dan jok depan bisa diatur secara elektrik. Sayang, belum diketahui berapa banderol mobil ini serta apakah akan dipakai lagi oleh Polri atau tidak.
Hyundai Sonata edisi 2020

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya