Mobil Sport Sengaja Dipotong-potong Oleh Petugas Pemadam Kebakaran

Dinas pemadam kebakaran latihan evakuasi korban kecelakaan
Sumber :
  • Carscoops

VIVA –Mobil-mobil keluaran baru, biasanya berbagai pengaturan dan fiturnya sudah diatur secara elektrik. Tujuannya, untuk memaksimalkan keamanan dan kenyamanan orang-orang di kabin saat kendaraan melaju.

Kebakaran Toko Bingkai Mampang, 5 Orang Terluka Dilarikan ke RS

Meski demikian, perangkat yang terhubung secara elektrik berisiko membuat pengemudi maupun penumpangnya sulit dievakuasi saat kondisi darurat, semisal ketika terjadi kecelakaan.

Melihat kondisi ini, petugas pemadam kebakaran di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat, diberi pelatihan khusus untuk membongkar paksa, bahkan memotong-motong bagian mobil. Tujuannya sebagai proses evakuasi cepat sesudah kecelakaan.

Kebakaran Toko Bingkai di Mampang, Lima Mobil Damkar Dikerahkan

Menariknya, kendaraan yang dipotong bukanlah kendaraan standar, melainkan mobil sport Ford Shelby Cobra GT 500 buatan tahun 2020. Sebagaimana diketahui, semakin tinggi performa kendaraan, maka akan besar risiko terjadi kecelakaan di jalan raya.

Baca juga: Beda Rp9 Juta, Ini Spesifikasi Xpander Cross Edisi Hitam

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar

Dalam sebuah unggahan di laman Facebook, Dinas Pemadam Kebakaran di Kota Dearborn menuliskan, bahwa petugasnya berlatih setiap hari. Akhir pekan lalu, mereka berlatih soal penyelamatan kendaraan, operasi khusus, dan pengenalan perlatan evakuasi.

"Kami berlatih tentang penyelamatan kendaraan. Hampir patah hati kami memotong kendaraan uji Ford Shelby Cobra GT500 baru ini," demikian keterangan gambar yang diunggah di Facebook, mengutip dari Carscoops, Selasa 20 Oktober 2020.

Beberapa foto yang diunggah memperlihatkan, mobil berwarna merah itu terlihat penyeok di beberapa bagian bodi. Kaca depannya nampak dilubangi secara paksa, dan setengah dari kap mesin sudah terpotong.

Pada sisi kiri mobil, terlihat pintu sudah terlepas dari posisinya. Pilar A, B dan C nampak bekas potongan, di dalam juga ada sisa kantung udara yang disimulasikan sempat meledak usai kecelakaan laulintas.

Diketahui Shelby GT500 merupakan salah satu kendaraan yang memiliki banyak peminat, terutama mereka yang suka kebut-kebutan. Salah satu diler di Amerika Serikat, ada yang membanderolnya USD205.890 atau setara dengan Rp3 miliaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya