Ini Alasan Kia Sonet yang Dijual di RI Gak Ada Mesin Dieselnya

Ilustrasi mesin mobil Kia Sonet
Sumber :
  • viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Indonesia menjadi negara kedua di dunia, yang menjadi lokasi peluncuran dan penjualan Kia Sonet. Sebelumnya, mobil jenis compact sport utility vehicle itu memulai debut global di India.

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Meski demikian, produk yang dijual di Tanah Air dan di negeri Hindustan itu berbeda. Di pasar otomotif nasional, Kia Sonet hanya dibekali mesin bensin berkapasitas 1.500cc. Sistem transmisinya, manual enam percepatan, maupun otomatis delapan percepatan.

Sementara di India, merek mobil asal Korea Selatan itu juga menawarkan pilihan mesin diesel. Kia Sonet yang dijual di sana, memakai mesin diesel 1.000cc turbo GDi dan 1.500cc diesel mill. Transmisinya memakai manual lima percepatan, maupun otomatis enam percepatan.

Ini Dia Lift Penumpang Terbesar di Dunia, Bisa Angkut 235 Orang Sekaligus

Lantas apa pertimbangan PT Kreta Indo Artha sebagai agen resminya tak menghadirkan Kia Sonet bermesin diesel? Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo mengatakan, alasan utama tak ada versi diesel lantaran ketersediaan bahan bakarnya, dan kebiasaan konsumen ingin BBM murah.

"Orang di sini kalau bicara mobil diesel selevel Kia Sonet, masih mengharapkan tangkinya bisa pakai biosolar. Kalau enggak bisa, mereka (pembeli) mendingan pilih enggak jadi," ujarnya ketika ditemui VIVA Otomotif beberapa waktu lalu.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Photo :
  • viva.co.id/ Pius Mali

Saat ini, kata Ario, mobil bermesin diesel dari merek Kia hanya ada untuk model Grand Sedona. Meski demikian, teknologi yang dipakai pada jantung penggeraknya belum secanggih diesel pada produk Sonet. Sehingga, mobil bongsor itu masih bisa mengkonsumsi biosolar dalam kondisi tertentu.

"Grand Sedona ada mesin diesel, tetapi mesinnya teknologi lama. Lagipula, konsumennya sudah tahu kalau mobil itu harus diisi BBM Pertamina Dex atau setara, walaupun memang bisa juga minum biosolar," tuturnya.

Baca juga: Beli Ban Mobil di Bengkel Resmi, Biayanya Mulai dari Rp980 Ribuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya