Mobil Tua Dibawa ke Air Terjun, Hasilnya Mengejutkan

Mobil tua melintas di air terjun
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Ada beberapa alasan mengapa seseorang memutuskan untuk mengganti mobil mereka dengan model baru. Mulai dari modelnya yang dianggap sudah ketinggalan zaman, hingga biaya perawatan semakin memberatkan.

Kisah Karyawan Teladan Tesla, Dedikasi Tinggi Berujung Dipecat

Namun, ada juga yang masih terus menggunakan kendaraan mereka, meski usia unit sudah puluhan tahun. Biasanya, ini dilakukan karena mobil tersebut memiliki arti tersendiri, sehingga pemilik tidak mau melepasnya.

Pandangan bahwa mobil tua selalu mengalami masalah, bisa ditepis dengan melakukan perawatan dan peremajaan komponen. Bahkan, ada unit lama yang kekuatannya lebih tangguh dari mobil baru, salah satunya seperti yang ada dalam video di bawah ini.

Polisi Gerebek Pameran Otomotif dan Sita 4 Mobil Rp48 Miliar

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Cartoq, Selasa 29 Desember 2020, dua unit mobil Mahindra Savari keluaran 90-an jadi andalan warga di Nepal sebagai transportasi umum dari satu wilayah ke wilayah lain.

Mobil ini sengaja dipilih karena ketangguhannya sudah terbukti bisa menembus medan berat yang terhampar di kawasan pegunungan Himalaya.

Sedan Baru 5,3 Meter Ini Fiturnya Mewah Banget

Pada video yang diunggah, terlihat mobil buatan India itu menyusuri jalan berbatu yang sangat sempit. Suasana semakin mencekam, karena seluruh jalan tertutup genangan yang berasal dari air terjun di dekat lokasi.

Genangan itu cukup tinggi, dan terus mengalir sehingga menyulitkan pengemudi untuk mengetahui apakah ada lubang atau rintangan di jalan.

Perlahan namun pasti, mobil yang mampu menampung sembilan penumpang itu maju mendekati titik air jatuh dari lereng.

Ketangguhan Savari yang basisnya menggunakan Mahindra Thar, berasal dari rancangan jip Willys yang jadi andalan di medan Perang Dunia Kedua.

Dikutip dari gibl.in, Savari menggunakan mesin diesel empat silinder berkapasitas 2.500cc dengan turbocharger. Meski tenaganya hanya 58 daya kuda, namun torsinya bisa mencapai 162 Newton meter, ideal dipakai di daerah pegunungan yang tidak membutuhkan kecepatan tinggi.

Mobil ini juga menjadi andalan para petani kebun teh Darjeeling di India, digunakan untuk mengangkut panen maupun semua kebutuhan sehari-hari mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya