Deretan Mobil Pejabat dan Jenderal yang Bikin Orang Kaya Minder

Deretan mobil mewah para anggota DPR
Sumber :
  • VIVA/Edwin Firdaus

VIVA – Sejumlah pejabat negara hingga jenderal TNI atau Polisi memiliki mobil yang bisa bikin orang kaya minder. Sebab kendaraan roda empat para petinggi dalam sebuah instansi itu memiliki harga yang sangat fantastis.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 28 April 2024

Hal itu terlihat dari foto-foto yang diunggah akun Instagram @plat_dinas. Ada berbagai jenis mobil dengan pelat nomor khusus yang banderolnya miliaran. Diantaranya kendaraan pribadi milik menteri, yaitu Lexus LM 350.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Lexus LM 350 pertama kali melantai di RI pada Juni 2020, Multi Purpose Vehicle atau MPV premium itu ditawarkan dua varian. Melansir situs resminya, versi empat penumpang dilego Rp3,063 miliar, dan tipe tujuh penumpang Rp2,423 miliar.

BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

Mobil yang memanfaatkan platform Toyota Alphard itu dipersenjatai mesin bensin enam silinder berkapasitas 3.456cc. Tenaga maksimalnya mencapai 297 daya kuda, disalurkan melalui transmisi matik Direct Shift 8-percepatan.  

Untuk kenyamanan penumpang, seluruh jok dibalut dengan bahan kulit, dengan pengaturan serba elektrik. Khusus tipe empat kursi,  bagian depan terdapat head unit layar sentuh 12,3 inci dilengkapi sistem navigasi via satelit.

Sedangkan bangku baris kedua dapat menghatkan badan, dan memijat. Sistem hiburan didukung speaker lansiran Mark Levinson Premium, lengkap dengan layar besar berukuran 26 inci, yang jadi penyekat antara sopir.

Ada lagi yang lebih mahal, yakni Mercedes-Benz Maybach S650 dengan kode huruf pelat nomor belakang RFT. Tidak diketahui pejabat yang memilikinya, namun sedan luxury buatan Jerman tersebut diduga model 2020.

Hal itu terlihat dari desain eksterior, terutama bentuk grill yang besar, lampu utama tertanam tiga garis DRL (Daytime Running Light), serta pelek model mono blok. Bodi dibalut hitam dan emas membuatnya semakin super mewah.

Mengutip car and driver, demi mendukung dimensinya yang bongsor Maybach S650 menggendong mesin 12 silinder, atau V12 berkapasitas 6.000cc twin turbo. Tenaganya mencapai 621 daya kuda, dan torsi 1000 newton meter.

Maybach S650 model baru itu dibanderol 203,545 dollar atau setara Rp2,902 miliar, namun saat masuk Indonesia sedan paling mewah buatan Mercedes-Benz itu harganya bisa tiga kali lipat lebih mahal karena statusnya impor secara utuh.

Bahkan varian dibawahnya, atau Maybach S560 sudah menyentuh angka Rp6,7 miliaran yang dijual secara resmi oleh Mercedes-Benz Distribution Indonesia sebagai pemegang mereknya.

Kemudian mobil lain yang bisa bikin orang kaya minder adalah Land Rover Defender 110 TDI yang fotonya kepergok saat parkir di BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Mobil gagah buatan Inggris itu termasuk langka.

Selain itu ada Jeep Wrangler atau Rubicon empat pintu dengan balutan hijau army berpelat nomor TNI jenderal bintang tiga. Lalu Cadillac Escalade milik jenderal TNI bintang empat berwarna hijau saat parkir di depan sekolah SMP 1 Semarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya